DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by rezayolando » Wed Oct 03, 2012 10:36 pm

keren om,. salut,.
--- AERO SH 4 ' 89 ---

josi
GC Noob
GC Noob
Posts: 33
Joined: Sat Nov 12, 2011 10:38 am
Location: Solo Timur
Contact:

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by josi » Fri Oct 12, 2012 5:07 pm

fungsi radius rod ini apa ya?

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by rezayolando » Mon Oct 15, 2012 8:02 am

josi wrote:fungsi radius rod ini apa ya?
fungsinyan : dari efek pas om ngerem ban mobil gak terlalu goyang karena stabil depan msh bagus,. dan sewaktu om mulai start akan maju ban tidak akan terlalu ketarik ke belakang,. sewaktu belok mobil akan terasa lebih stabil om,. itu yang pernah eza rasain dr ganti karet stabil depan om,.
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
alk
GC Whore
GC Whore
Posts: 2124
Joined: Sun Jul 20, 2008 7:20 pm
Location: Purworejo~Magelang (PP)

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by alk » Mon Oct 15, 2012 11:15 am

rezayolando25 wrote:fungsinyan : dari efek pas om ngerem ban mobil gak terlalu goyang karena stabil depan msh bagus,. dan sewaktu om mulai start akan maju ban tidak akan terlalu ketarik ke belakang,. sewaktu belok mobil akan terasa lebih stabil om,. itu yang pernah eza rasain dr ganti karet stabil depan om,.
thanks infonya om eza, apakah radius rod ini tidak berpengaruh ke pengaturan sudut TOE roda depan ya?
GRAND CIVIC
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by rezayolando » Mon Oct 15, 2012 1:24 pm

alk wrote:
rezayolando25 wrote:fungsinya : dari efek pas om ngerem, ban mobil gak terlalu goyang karena stabil depan msh bagus,. dan sewaktu om mulai start akan maju ban tidak akan terlalu ketarik ke belakang,. sewaktu belok mobil akan terasa lebih stabil om,. itu yang pernah eza rasain dr ganti karet stabil depan om,.
thanks infonya om eza, apakah radius rod ini tidak berpengaruh ke pengaturan sudut TOE roda depan ya?
sebetulnya mungkin tidak pengaruh om besar bgt om,. cuman eza rasakan sebelum ganti karet stabil depan sewaktu di TOL kota bandung, mobil kurang nyaman pas sewaktu menginjak REM,. hasil maju mundurnya Radius eza kurang tau persis om,. dari efek sesudah ganti Karet stabil depan ini mobil sudah pulih dari goncangan sewaktu pengereman, dan sewaktu kita akan berbelok arah / putar balik mobil serasa AS roda depan goyang. dan sewaktu maju kembali ban rasanya ketarik kebelakang, karena karet yg di mobil eza sudah parah sekali,. ada 1 bengekel di bandung bilang sama eza kl pemarangan karet stabil depan bisa di double" cuman lebih sulit akan memasangnya. hasilnya mobil akan lebih stabil katanya,. cuman belum eza praktek kan om,. soalnya standartnya kan cuman 1 pasang tiap masing" stabil :D =))
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by Pa'de Gung » Fri Oct 10, 2014 1:09 am

Maap baru baca detailnya...:D

Itu kenapa dua karetnya dipasang di sisi luar semua om...?
Di sisi dalam kan juga ada karetnya...
Image
Jadi harus lepas besi radius rod , pasang satu karet di sisi dalam, pasang lagi besi radius rod baru pasang satu karet lagi dari sisi luar...
Dengan begitu getaran radius rod kedepan maupun kebelakang bisa diredam oleh karet itu....

User avatar
alk
GC Whore
GC Whore
Posts: 2124
Joined: Sun Jul 20, 2008 7:20 pm
Location: Purworejo~Magelang (PP)

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by alk » Fri Oct 10, 2014 5:31 pm

hehehe suwun infonya Pa'de

itu saya urutannya pertama kali pasang besi bundar (washer) kemudian karet radius kemudian karet lagi terus yang terakhir washer sesuai gambar buku manual.
berarti di antara karet radius tsb dipasang washer ya?

Image

Image
GRAND CIVIC
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by Pa'de Gung » Sun Oct 12, 2014 7:07 pm

Keknya bukan begitu maksut gambar om..
Coba liat gambar radius rod... Diameter ujungnya lebih kecil dari batangnya. Dan washer pertama mentok di batas ujung itu.
Kalo hanya melepas baut depan... batas itu mestinya ga kelihatan.
Dan kalo 2 karet di pasang di bagian depan, brarti total karet ada 3..karena dibelakang balok (apa sih namanya..?) ada satu karet dan washer.
Jadi di antara 2 karet radius ya besi balok rumah karet itu..
Dan ada pipa tebal di antara ring washer . sehingga dua karet radius di jepit oleh dua washer dan kekencangan baut dibatasi oleh pipa tadi, sehingga tidak bisa lebih kencang dari standartnya.

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by adeindra » Mon Oct 13, 2014 8:09 am

ikutan nimbrung

kayaknya bener pakde deh om alk..

saya baru inget dulu pas gc hejo pernah ganti ini karet2nya dan ama tukang kaki2nya itu besi dilepas dulu untuk masukin karet yang bagian belakang...

User avatar
alk
GC Whore
GC Whore
Posts: 2124
Joined: Sun Jul 20, 2008 7:20 pm
Location: Purworejo~Magelang (PP)

Re: DIY GANTI FRONT RADIUS ROD RUBBER BUSHING

Post by alk » Fri Feb 27, 2015 2:36 pm

Trims pa'de gung dan om ade koreksinya :)
GRAND CIVIC
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia

Post Reply