Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
Kanggo urang Bandung
Thread/topic ieu kanggo nu bade partisipasi pas Civic Day Meet 2012 ti Region Bandung via Karawang-Cikarang-Bekasi dll
Susunan Kepanitiaan GC Bandung
Danlap Konvoi :
Denifatman 08569790063
Danlap Acara dan Komunikasi :
budischatzie anduk (buduk) 085624256060
Kuota Parkir dan Merchandise :
Heru sigajah 08122402024
Yuqi Cendol 08122188622
Voucher Makan :
Iwan Nareswari 08156028775
Juru Tagih Kontan :
Ramadan 0811221843
Pepenk 081321511221
Data Peserta (STNK+SIM) :
Eza rezayolando@gmail.com
Rama
Informan Forum :
Gangan
Cek Fisik Mobil :
Hikmat
Dadan
Enden
Hari Jumat, 9 November 2012 ada acara kumpul di rumah om Hanief
Jalan Aria Jipang no.7 Bandung (dekat Gasibu Diponegoro)
Acara jam 19.00 - selesai
Agenda :
1. kesiapan teknis konvoi
2. Kumpulin data berupa fc. STNK dan SIM atau via email rezayolando@gmail.com
3. Bayar buat yang kasbon
4. Stiker CMD 2012 kalo dah ada
5. Perkembangan forum
6. Catatan Kondisi Fisik Mobil yang konvoi
Thread/topic ieu kanggo nu bade partisipasi pas Civic Day Meet 2012 ti Region Bandung via Karawang-Cikarang-Bekasi dll
Susunan Kepanitiaan GC Bandung
Danlap Konvoi :
Denifatman 08569790063
Danlap Acara dan Komunikasi :
budischatzie anduk (buduk) 085624256060
Kuota Parkir dan Merchandise :
Heru sigajah 08122402024
Yuqi Cendol 08122188622
Voucher Makan :
Iwan Nareswari 08156028775
Juru Tagih Kontan :
Ramadan 0811221843
Pepenk 081321511221
Data Peserta (STNK+SIM) :
Eza rezayolando@gmail.com
Rama
Informan Forum :
Gangan
Cek Fisik Mobil :
Hikmat
Dadan
Enden
Hari Jumat, 9 November 2012 ada acara kumpul di rumah om Hanief
Jalan Aria Jipang no.7 Bandung (dekat Gasibu Diponegoro)
Acara jam 19.00 - selesai
Agenda :
1. kesiapan teknis konvoi
2. Kumpulin data berupa fc. STNK dan SIM atau via email rezayolando@gmail.com
3. Bayar buat yang kasbon
4. Stiker CMD 2012 kalo dah ada
5. Perkembangan forum
6. Catatan Kondisi Fisik Mobil yang konvoi
B J O
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
ayo temen" bandung cepet kirim email STNK+SIMnya,. foto copy hari jum'at terakhir di kumpukan... mohon kerja samanya..arozi wrote:Kanggo urang Bandung
Thread/topic ieu kanggo nu bade partisipasi pas Civic Day Meet 2012 ti Region Bandung via Karawang-Cikarang-Bekasi dll
Susunan Kepanitiaan GC Bandung
Danlap Konvoi :
Denifatman 08569790063
Danlap Acara dan Komunikasi :
budischatzie anduk (buduk) 085624256060
Kuota Parkir dan Merchandise :
Heru sigajah 08122402024
Yuqi Cendol 08122188622
Voucher Makan :
Iwan Nareswari 08156028775
Juru Tagih Kontan :
Ramadan 0811221843
Pepenk 081321511221
Data Peserta (STNK+SIM) :
Eza rezayolando@gmail.com
Rama
Informan Forum :
Gangan
Cek Fisik Mobil :
Hikmat
Dadan
Enden
Hari Jumat, 9 November 2012 ada acara kumpul di rumah om Hanief
Jalan Aria Jipang no.7 Bandung (dekat Gasibu Diponegoro)
Acara jam 19.00 - selesai
Agenda :
1. kesiapan teknis konvoi
2. Kumpulin data berupa fc. STNK dan SIM atau via email rezayolando@gmail.com
3. Bayar buat yang kasbon
4. Stiker CMD 2012 kalo dah ada
5. Perkembangan forum
6. Catatan Kondisi Fisik Mobil yang konvoi
"trims"
--- AERO SH 4 ' 89 ---
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
barudak bandung jigana memang hare-hare abus forum
pasti aya we alesan nana
pasti aya we alesan nana
B J O
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
2 TATACARA KONVOI
http://www.ertigaclubindonesia.org/foru ... pic=1006.0
(source: mercedes benz w123 club bandung)
Berhubung banyak dari kita yang akan melakukan touring atau kopdar ke luar kota, alangkah baiknya kita mengerti sedikit-sedikit mengenai persiapan & tata cara konvoi mobil yang benar dan sopan serta tidak mengganggu pengendara lain, berikut ini tata caranya:
2.1 PERHATIKAN
Kelengkapan kendaraan bermotor standar.
Lampu depan, lampu rem, sein riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
STNK dan SIM selalu siap / tidak expired.
Plat Nomor depan belakang.
Mematuhi peraturan lalu lintas. Paham rambu-rambu lalu lintas.
Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara. Timbulkan simpaty/kekaguman pemakai jalan lain terhadap perilaku berkendara kita. Tidak gampang terprovokasi dengan pemakai jalan lain, tidak arogan.
Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama. Jadi sebisa mungkin menghindari perilaku-perilaku seperti meng-klakson berlebihan, menggunakan aksesoris yang dapat mengganggu pemakai jalan lain seperti klakson kebo/anjing, sirine, strobo dsb. Prinsipnya, The Road is Not Yours Brother.
2.2 ISTILAH
-Kapten/Kommandeur = Pimpinan Touring
-Vorijder = Yang ngatur jalan dan harus tau tekhnik isyarat tangan & radio
-Safety Officer/Patrouille = Yang ngarahin keselamatan anggota tour.
-Sweeper/Interzeptor = Pengatur barisan (formasi)
-Technical Officer/Service = Bagian Teknik untuk kerusakan kecil.
-Medical = Yang bertanggung jawab atas kesehatan anggota
-Press/News = Dokumentasi perjalanan
2.3 TATA CARA
2.3.1 Buat Rute Dan Checkpoint
Ini merupakan kunci utama untuk menghindari perserta konvoi berjalan terlalu dekat. Dengan memberi tahu rute detail, seluruh peserta konvoi akan mendapat gambaran utuh tentang perjalanan. Dalam rute ini, cantumkan pula checkpoint, jarak masing-masing etape serta titik bertemu atau meeting point. Jadi misalnya ada yang tertinggal pun, peserta tahu akan bergabung lagi di tempat yang telah ditentukan. Dalam merancang rute, jangan biarkan konvoi berjalan non-stop lebih dari 100 Km tanpa perhentian. Tentukan tempat berhenti untuk istirahat 10-15 menit, bisa berupa pompa bensin atau rumah makan.
2.3.2 Anggaplah Sedang Berkendara Sendiri
Cenderung lebih melelahkan justru karena faktor psikologis dengan berpikir kita sedang konvoi dan tak boleh lepas dari iring-iringan. Untuk itu, ketika menjadi peserta konvoi, anggaplah seperti sedang berkendara sendiri melalui rute yang sudah ditentukan. Berkendara pun jadi lebih santai dan disiplin berlalu lintas menjaga keamanan kian mudah dilakukan.
2.3.3 Jaga Jarak Aman Dan Beri Jalan
Tentu saja ini standar baku bagi seluruh pengendara di jalan, termasuk konvoi. Selalu terapkan jarak minimal 2 detik ke mobil depan. Jangan takut dipotong kendaraan lain, karena sebagai konvoi yang sopan Anda juga mesti memberi pengguna jalan laik hak yang sama. Dengan menjaga jarak dan rela memberi jalan pada orang lain, citra klub Anda akan semakin harum. Banyak pengendara awam beranggapan konvoi adalah sesuatu yang bersifat arogan. Dan ketika Anda membuktikan sebaliknya, klub pun akan mendapat simpati dan senyuman dari sesama pengguna jalan.
2.3.4 Sein Lebih Awal
Demi menghindari reaksi terlambat dari peserta konvoi di belakang, selalu gunakan sein lebih awal ketika hendak berbelok. Tak perlu terlalu lama, sekitar 1-2 detik lebih awal dari normalnya sudah cukup. Bila memungkinkan, komunikasikan juga via radio komunikasi saat akan membelok.
2.3.5 Gunakan Lampu Besar, Bukan Hazard
Aturan simpel yang membedakan konvoi sopan dan provokatif. Menggunakan hazard mengundang banyak bahaya seperti pengendara di belakang lebih cepat lelah matanya, lampu sein jadi tidak berfungsi serta seakan meminta prioritas ke pengendara lain. Bila dirasa perlu untuk memberi tanda peserta konvoi, gunakan saja lampu besar, bukan lampu jauh. Selain tidak mengganggu pengendara lain, lampu besar juga dirasa masih sopan.
2.3.6 Menyalip Sendiri-Sendiri
Bila kebetulan harus menyalip mobil di depannya pada jalan 2 arah, eksekusilah satu per satu jangan langsung berombongan. Selain lebih sopan pada pengendara lain, mobil yang telah mendahului pun bisa menginformasikan kondisi lalu lintas dari depan pada peserta lain yang hendak menyalip.
2.3.7 Komunikasi Radio
Saat di jalan, gunakan komunikasi radio via HT. Bila tak semua peserta memiliki HT, setidaknya alat komunikasi ini bisa dipakai oleh pimpinan kelompok di paling depan dan sweeper di bagian belakang. Bila ada banyak peserta yang memakai HT, haruslah ditetapkan aturan mainnya karena komunikasi HT tidak bisa 2 arah sekaligus. Tetapkan satu orang moderator untuk mengatur lalu lintas komunikasi. Jadi siapapun yang hendak memulai pembicaraan harus meminta izin dulu, supaya tidak terjadi tabrakan transmisi radio. Selain HT, ada baiknya seluruh peserta konvoi dalam satu kelompok mengetahui nomor ponsel masing-masing peserta. Dan tentu saja, semua aktifitas komunikasi dilakukan oleh co-driver supaya tak menggangu konsentrasi pengemudi.
2.3.8 Mobil Lebih Kecil Di Depan
Bila peserta konvoi terdiri dari beberapa jenis mobil dengan ukuran berbeda, sebaiknya urutkan posisi terdepan dari ukuran mobil kecil ke besar. Ini akan membantu visibilitas pengendara di belakang saat beriringan.
2.3.9 Bagi Dalam Kelompok
Iring-iringan di atas 10 mobil sangat sulit untuk dikendalikan. Karena itu, bagilah kelompok konvoi maksimal per 10 mobil. Tiap kelompok memiliki pimpinan sendiri dan melakukan koordinasi internal sebelum melakukan perjalanan. Lantas lepaslah tiap kelompok dengan jeda 5-10 menit seperti halnya ajang reli. Kelompok-kelompok kecil seperti ini akan memberi efek positif bagi kesopanan di jalan serta kelancaran konvoi.
http://www.ertigaclubindonesia.org/foru ... pic=1006.0
(source: mercedes benz w123 club bandung)
Berhubung banyak dari kita yang akan melakukan touring atau kopdar ke luar kota, alangkah baiknya kita mengerti sedikit-sedikit mengenai persiapan & tata cara konvoi mobil yang benar dan sopan serta tidak mengganggu pengendara lain, berikut ini tata caranya:
2.1 PERHATIKAN
Kelengkapan kendaraan bermotor standar.
Lampu depan, lampu rem, sein riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
STNK dan SIM selalu siap / tidak expired.
Plat Nomor depan belakang.
Mematuhi peraturan lalu lintas. Paham rambu-rambu lalu lintas.
Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara. Timbulkan simpaty/kekaguman pemakai jalan lain terhadap perilaku berkendara kita. Tidak gampang terprovokasi dengan pemakai jalan lain, tidak arogan.
Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama. Jadi sebisa mungkin menghindari perilaku-perilaku seperti meng-klakson berlebihan, menggunakan aksesoris yang dapat mengganggu pemakai jalan lain seperti klakson kebo/anjing, sirine, strobo dsb. Prinsipnya, The Road is Not Yours Brother.
2.2 ISTILAH
-Kapten/Kommandeur = Pimpinan Touring
-Vorijder = Yang ngatur jalan dan harus tau tekhnik isyarat tangan & radio
-Safety Officer/Patrouille = Yang ngarahin keselamatan anggota tour.
-Sweeper/Interzeptor = Pengatur barisan (formasi)
-Technical Officer/Service = Bagian Teknik untuk kerusakan kecil.
-Medical = Yang bertanggung jawab atas kesehatan anggota
-Press/News = Dokumentasi perjalanan
2.3 TATA CARA
2.3.1 Buat Rute Dan Checkpoint
Ini merupakan kunci utama untuk menghindari perserta konvoi berjalan terlalu dekat. Dengan memberi tahu rute detail, seluruh peserta konvoi akan mendapat gambaran utuh tentang perjalanan. Dalam rute ini, cantumkan pula checkpoint, jarak masing-masing etape serta titik bertemu atau meeting point. Jadi misalnya ada yang tertinggal pun, peserta tahu akan bergabung lagi di tempat yang telah ditentukan. Dalam merancang rute, jangan biarkan konvoi berjalan non-stop lebih dari 100 Km tanpa perhentian. Tentukan tempat berhenti untuk istirahat 10-15 menit, bisa berupa pompa bensin atau rumah makan.
2.3.2 Anggaplah Sedang Berkendara Sendiri
Cenderung lebih melelahkan justru karena faktor psikologis dengan berpikir kita sedang konvoi dan tak boleh lepas dari iring-iringan. Untuk itu, ketika menjadi peserta konvoi, anggaplah seperti sedang berkendara sendiri melalui rute yang sudah ditentukan. Berkendara pun jadi lebih santai dan disiplin berlalu lintas menjaga keamanan kian mudah dilakukan.
2.3.3 Jaga Jarak Aman Dan Beri Jalan
Tentu saja ini standar baku bagi seluruh pengendara di jalan, termasuk konvoi. Selalu terapkan jarak minimal 2 detik ke mobil depan. Jangan takut dipotong kendaraan lain, karena sebagai konvoi yang sopan Anda juga mesti memberi pengguna jalan laik hak yang sama. Dengan menjaga jarak dan rela memberi jalan pada orang lain, citra klub Anda akan semakin harum. Banyak pengendara awam beranggapan konvoi adalah sesuatu yang bersifat arogan. Dan ketika Anda membuktikan sebaliknya, klub pun akan mendapat simpati dan senyuman dari sesama pengguna jalan.
2.3.4 Sein Lebih Awal
Demi menghindari reaksi terlambat dari peserta konvoi di belakang, selalu gunakan sein lebih awal ketika hendak berbelok. Tak perlu terlalu lama, sekitar 1-2 detik lebih awal dari normalnya sudah cukup. Bila memungkinkan, komunikasikan juga via radio komunikasi saat akan membelok.
2.3.5 Gunakan Lampu Besar, Bukan Hazard
Aturan simpel yang membedakan konvoi sopan dan provokatif. Menggunakan hazard mengundang banyak bahaya seperti pengendara di belakang lebih cepat lelah matanya, lampu sein jadi tidak berfungsi serta seakan meminta prioritas ke pengendara lain. Bila dirasa perlu untuk memberi tanda peserta konvoi, gunakan saja lampu besar, bukan lampu jauh. Selain tidak mengganggu pengendara lain, lampu besar juga dirasa masih sopan.
2.3.6 Menyalip Sendiri-Sendiri
Bila kebetulan harus menyalip mobil di depannya pada jalan 2 arah, eksekusilah satu per satu jangan langsung berombongan. Selain lebih sopan pada pengendara lain, mobil yang telah mendahului pun bisa menginformasikan kondisi lalu lintas dari depan pada peserta lain yang hendak menyalip.
2.3.7 Komunikasi Radio
Saat di jalan, gunakan komunikasi radio via HT. Bila tak semua peserta memiliki HT, setidaknya alat komunikasi ini bisa dipakai oleh pimpinan kelompok di paling depan dan sweeper di bagian belakang. Bila ada banyak peserta yang memakai HT, haruslah ditetapkan aturan mainnya karena komunikasi HT tidak bisa 2 arah sekaligus. Tetapkan satu orang moderator untuk mengatur lalu lintas komunikasi. Jadi siapapun yang hendak memulai pembicaraan harus meminta izin dulu, supaya tidak terjadi tabrakan transmisi radio. Selain HT, ada baiknya seluruh peserta konvoi dalam satu kelompok mengetahui nomor ponsel masing-masing peserta. Dan tentu saja, semua aktifitas komunikasi dilakukan oleh co-driver supaya tak menggangu konsentrasi pengemudi.
2.3.8 Mobil Lebih Kecil Di Depan
Bila peserta konvoi terdiri dari beberapa jenis mobil dengan ukuran berbeda, sebaiknya urutkan posisi terdepan dari ukuran mobil kecil ke besar. Ini akan membantu visibilitas pengendara di belakang saat beriringan.
2.3.9 Bagi Dalam Kelompok
Iring-iringan di atas 10 mobil sangat sulit untuk dikendalikan. Karena itu, bagilah kelompok konvoi maksimal per 10 mobil. Tiap kelompok memiliki pimpinan sendiri dan melakukan koordinasi internal sebelum melakukan perjalanan. Lantas lepaslah tiap kelompok dengan jeda 5-10 menit seperti halnya ajang reli. Kelompok-kelompok kecil seperti ini akan memberi efek positif bagi kesopanan di jalan serta kelancaran konvoi.
B J O
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
Yuk ayo semua temen bandung
Karena jumlah dari bandung sampe 29 mobil nih
Yang paling utama sih.. Jangan. Pada ngaret yaaaa... Karena acara dimulai sejak jam 9 pagi loo
Karena jumlah dari bandung sampe 29 mobil nih
Yang paling utama sih.. Jangan. Pada ngaret yaaaa... Karena acara dimulai sejak jam 9 pagi loo
- nareswari
- GC Maniac
- Posts: 1151
- Joined: Thu Nov 05, 2009 2:54 pm
- Location: Tasikmalaya - Bandung - Cimahi
- Contact:
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
hayooooo berangkattttt... siappppp.. !!!
gath kurang berkesan kalau tidak ada konpoi, buat men-temen yang belum merasakan serunya konpoi, inilah saatnya...
gath kurang berkesan kalau tidak ada konpoi, buat men-temen yang belum merasakan serunya konpoi, inilah saatnya...
nerazzuriGC wrote:allahhuakbaaarrr....... mobilnya bikin dzikir mulu neh, supaya dapet rejeki bikin kaya gitu.. hahahahaha..... TOB OOOM!! POOLLL!
arozi wrote:huwaduhhhh
thx om kalo ni mobil bisa bikin tobatan nasuha
hahahahaha
- basementproject
- GC Whore
- Posts: 2305
- Joined: Mon Nov 16, 2009 11:40 am
- Contact:
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
yang mau booking shirt ksini nihhttp://www.grandcivic.com/viewtopic.php ... 75#p171075
email/ym:yuqmail@yahoo.com
fb:yuqmustaqim
Basementproject
web online store
http://basementproject.id/
phone or sms :+628122188622
CINGCAW
bb 749c519f
fb:yuqmustaqim
Basementproject
web online store
http://basementproject.id/
phone or sms :+628122188622
CINGCAW
bb 749c519f
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
ayoooo.....semangattt........
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
om iwan siap2 bantu deni masalah voucher makan nih
om dadan, rek make formulir moal jang kesiapan mobil?
om yuki, ehm, nu eta tea gz jadi ki? desain na si ehm
om dadan, rek make formulir moal jang kesiapan mobil?
om yuki, ehm, nu eta tea gz jadi ki? desain na si ehm
B J O
Re: Civic Day Meet (11.11.12) - Nyaba Bareng
hadir om...
Past: 95 Toyota Kijang// 94 Fiat Uno II// 94 Honda Civic Estilo// 90 Honda Grand Civic Nouva// 02 Honda Civic Vi// 91 Honda Grand Civic Sedan
Present: 91 Honda Civic 35XT EF2