discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
-
Contact:
Post
by nanangsurya » Tue Jul 19, 2011 3:29 pm
zulindra wrote:kemarin total 700k habisnya.. ganti bagian atas radiator dengan kuningan, soalnya dah pecah karena kepanasan. trus lubang-lubang radiator dikorok sampe bersih.. kemarin heran juga kok bisa endapan lumpur sebanyak itu sampe saluran buntu.. jadi sebenarnya, problem ngelitik bukan cuma berasal dari derajat pengapian yang gak tepat, ruang bakar kotor, tapi bisa juga karena panas mesin yang gak normal, meskipun jarum indikator stabil.. saya perhatikan setelah saluran lancar, kipas radiator nyalanya gak terlalu lama, beda dengan sebelumnya, kipas radiator nyala lama, matinya bentar..
hehehehe hampir3x lipat ma di sidoarjo om.....klo ganti kuningan plus pasang dan kuras radiator cuma 225K, mending lah dr pada klo di bawa ke jawa om......
...
klo dah di ketahui sebabna .... pake air suling ajah om.....klo pake coolant ntar malah kerak2 di dalam blok mesin malahan rontok dahhh...lobang2 kecil yang tertutup karat malah pada keliatan akhirna kompresi bocor kek punya saia....
-
zulindra
- GC Maniac
- Posts: 1108
- Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
-
Contact:
Post
by zulindra » Tue Jul 19, 2011 4:09 pm
sekarang pake air AC aja sih om.. (sama gak ya).. sebelumnya pake coolant prestone.. mudah-mudahan gak ada masalah lagi dengan temperatur.. oya, bagusnya kuras radiator dilakukan tiap berapa bulan ya ?
-
nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
-
Contact:
Post
by nanangsurya » Tue Jul 19, 2011 9:44 pm
zulindra wrote:sekarang pake air AC aja sih om.. (sama gak ya).. sebelumnya pake coolant prestone.. mudah-mudahan gak ada masalah lagi dengan temperatur.. oya, bagusnya kuras radiator dilakukan tiap berapa bulan ya ?
selama pake air suling/air AC terus...setahun sekali juga cukup dah om........
-
Koboy
- GC Enthusiast
- Posts: 910
- Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
- Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
-
Contact:
Post
by Koboy » Mon Jul 25, 2011 9:57 pm
o.....brarti air ac sama ama air suling...?
-
irwans85
- GC Enthusiast
- Posts: 972
- Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
- Location: klaten,magelang
Post
by irwans85 » Sun Oct 16, 2011 8:00 pm
saya juga ada sedikit problem ni dengan panas di mesin...tapi problem cuma kalo pas AC nyala aja...
1. rpm jadi ngedrop kalo pas jalan macet2...kalo biasanya rpm di 1000 bisa turun sampai 700, malahan pas angkatan AC nyala dari thermoswitch kadang2 ngedrop sampai mati dulu..
2. rpm ngedrop juga kalo mobil habis diparkir dipanas2an..padahal mesin lama ga nyala...
akibatnya mesin jadi getar n ngelitik...kira2 knapa ya???
kalo AC dimatikan semua normal2 aja...
GrayaxX n Ga3ul Lovers...Black Black Black Vorever
-
helmi17
- GC Lover
- Posts: 280
- Joined: Fri Sep 17, 2010 9:37 pm
-
Contact:
Post
by helmi17 » Sun Oct 16, 2011 11:08 pm
Ikutan nimbrung om....
Mau nanya juga neh GC saya kayanya kurang tenaganya kira2 apa ya penyebabnya&harus di apakan?
Kalo menurut orang bengkel mending kuras radiator dlu cuman apa ada sangkutannya dengan tenaga mobil!
ket :
Temperatur normal, air radiator kalo habis perjalanan jauh suka haus jdi pagi2nya harus isi cuman kalo perjalanan dekat ga ngisi lagi paginya.
-
zulindra
- GC Maniac
- Posts: 1108
- Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
-
Contact:
Post
by zulindra » Mon Oct 17, 2011 9:05 am
kalo tarikan kuat pada saat mesin belum terlalu panas, terus lama-lama performance drop bisa berarti mesin kegerahan. bisa kuras radiator dulu, kalo masih tetap coba pake koil luar.
-
nanangsurya
- GC Maniac
- Posts: 1837
- Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
- Location: antar pulau - dalam provinsi
-
Contact:
Post
by nanangsurya » Mon Oct 17, 2011 11:48 am
irwans85 wrote:saya juga ada sedikit problem ni dengan panas di mesin...tapi problem cuma kalo pas AC nyala aja...
1. rpm jadi ngedrop kalo pas jalan macet2...kalo biasanya rpm di 1000 bisa turun sampai 700, malahan pas angkatan AC nyala dari thermoswitch kadang2 ngedrop sampai mati dulu..
2. rpm ngedrop juga kalo mobil habis diparkir dipanas2an..padahal mesin lama ga nyala...
akibatnya mesin jadi getar n ngelitik...kira2 knapa ya???
kalo AC dimatikan semua normal2 aja...
klo mesin ngedrop...coba di cek selenoid AC dan vakum2na om...dah pernah yg kejadian gini kok..monggo di searching ajah...belum lama kok postingna
-
irwans85
- GC Enthusiast
- Posts: 972
- Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
- Location: klaten,magelang
Post
by irwans85 » Mon Oct 17, 2011 5:55 pm
nanangsurya wrote:irwans85 wrote:saya juga ada sedikit problem ni dengan panas di mesin...tapi problem cuma kalo pas AC nyala aja...
1. rpm jadi ngedrop kalo pas jalan macet2...kalo biasanya rpm di 1000 bisa turun sampai 700, malahan pas angkatan AC nyala dari thermoswitch kadang2 ngedrop sampai mati dulu..
2. rpm ngedrop juga kalo mobil habis diparkir dipanas2an..padahal mesin lama ga nyala...
akibatnya mesin jadi getar n ngelitik...kira2 knapa ya???
kalo AC dimatikan semua normal2 aja...
klo mesin ngedrop...coba di cek selenoid AC dan vakum2na om...dah pernah yg kejadian gini kok..monggo di searching ajah...belum lama kok postingna
solenoid pernah ganti om,..jd kejadiane kalo pas panas banget aja.. pas ac on rpm g langsung naek jd mlh drop dulu..harus dgas dikit biar naek..
GrayaxX n Ga3ul Lovers...Black Black Black Vorever