WTA Swap Engine dari standar ke VTec

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
achoxpay
GC Noob
GC Noob
Posts: 47
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:07 pm
Location: Makassar

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by achoxpay » Mon Feb 17, 2014 12:29 pm

krisnadew wrote:
achoxpay wrote:sekalian neh mw.nanya dari 15b 3 stage mw pasang head P08 bisa ga ya
bisa om
ngumpulin dana dikit2 ahhhh

bisikan harganya brapaann ya om kris
g suka ngebut,,, pelan pelan aja

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by krisnadew » Tue Feb 18, 2014 8:44 am

lah itu di trade jualan mesin ada di jual om, seglundung seger

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by PapaEmy » Sat Mar 01, 2014 11:13 pm

Bantu jawab aja yaa.. walo pun ga semua tp mudah2an bermanfaat :D

FULL SWAP ENGINE

buat yg mau full swap engine, ZC vs D16Z6, seinget sy ZC ama Z6 ngga ada bedanya, tapi ZC buat pasar domestic jepang (JDM) sedang utk USDM dan Canada D16Z6, tapi utk generasi awal block seri B DOHC non vtec jg ada yg disebut ZC, kl mau liat detailnya bisa baca di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_D_engine


MINI-ME SWAP

buat yg mau mini-me swap ato upgrade head aja, pilihan headnya utk yg suka agresif hasilnya baiknya pake head P08 (P08 head std asli bawaan mesin D16Z6), utk pasokan BBMnya bisa pake injeksi ato dual carb ato jg single carb, yg jelas kl pake injeksi, selain harus beli unit system injeksinya, harus beli ECU dan wiring harnessnya jg, kalo mau pake bawaan D16Z6 kode ECUnya P28 kode wiring harnessnya obd1.

Bedannya dgn menggunakan system injeksi vs dual carb ato single carb:

1. Injeksi, pada saat valve kebuka pada langkah hisap, hanya udara yg disedot oleh piston, bbm disemprotkan dari fuel rail oleh fuel pump tekanan tinggi, utk setup spt ini recommend pake fuel pump bawaan tangki spt punya ferio ato city ato cielo vtec, krn ECU yg akan mengirim signal ke fuel pump jumlah besar kecilnya sesuai kebutuhan saat langkah hisap itu sesuai rpmnya

2. Dual carb ato single carb, pada saat valve kebuka pada langkah hisap, yg dihisap oleh piston ke dalam cylinder sudah berupa campuran udara dgn bbm, bedanya dual carb memasok 2 cylinder utk tiap carbunya sedang yg single memasok 4 cylindernya, utk setup ini dianjurkan jangan menggunakan fuel pump tekanan tinggi bawaan tangki yg memang didesign utk system injeksi, krn bisa mengakibatkan banjir di carburetor, cukup dgn fuel pump punya carry ato zebra tp disarankan pake yg ori jangan yg kw.

jadi bebas tinggal pilih mau pake system yg mana, yg jelas utk injeksi biasanya mahal beli ECU dan wiring harnessnya ketimbang unit injectornya sendiri

untuk hasilnya antara injeksi vs carb (dual ato single)

1. dari tenaga (ato lebih tepatnya torsi dalam hal ini) ngga beda jauh tergantung settingan masing2 krn banyak factor laen yg jg ikut menentukan
2. untuk efisiensi injeksi lebih baik

kenapa hasilnya ternyata ngga beda jauh? krn konsep kerjanya vtec ngga berbeda sebenarnya dgn konsep kerjanya turbo, bukaan valve lebih besar pada head vtec pada saat langkah hisap otomatis kompresinya meningkat pada saat langkah tenaga (ato langkah pembakaran), begitu jg dgn turbo, konsep kerjanya turbo juga menaikan kompresi sehingga pada saat langkah tenaga, tendangan piston lebih kencang memutar crank shaft otomatis torsi naik, hanya bedanya pada vtec jumlah peningkatan kompresinya tidak significant spt menggunakan turbo

jadi yg harus diperhatikan di sini utk hasil yg optimal adalah perbandingan kompresi yg diinginkan, yg membuat tendangan piston lebih kuat menggerakan crank shaft pada saat akselerasi, krn dgn makin tinggi kompresi, makin tinggi torsinya maka makin cepat rpm naik akselerasi pun meningkat.., factor besar kecilnya cc bukan factor yg utama kalo akselesari yg diinginkan, tp kompresi dan torsi lebih dominan hasilnya, horse power boleh jadi beda krn perbedaan cc, tp untuk mencapai peaknya ato rpmnya duluan yg mana yg mencapai peaknya, makin cepat rpm naik ke peaknya makin cepat jg akselerasinya, contoh, mesin 1.6L dgn turbo yg kuat akan berperilaku sama dgn mesin 2.8L non turbo, krn dgn turbo jumlah udara yg masuk dipaksa masuk sbnyak2nya oleh turbin sehingga kompresi pada saat langkah tenaga torsi yg dihasilkan bisa menyamai torsinya yg 2.8L non turbo.. :)

kembali ke vtec, kurang lebih begitulah konsep kerja cam vtec profil tingginya, hanya skala pasokan udaranya tidak sebesar turbo dan hasil extra boost tenaganya jg tidak sebesar turbo, jd dengan vtec, kita spt mempunyai 2 cam shaft, 1 cam economy 1 lagi cam performanya, nah.. karena yg diinginkan dari vtec ini adalah peningkatan kompresi pada langkah tenaga, maka terlepas memakai system injeksi ato carburetor, idealnya menggunakan bbm beroktan tinggi sehingga pembakaran lebih sempurna, utk hasil yg lebih baik lg krn dengan meningkatnya kompresi maka tempratur cylinder jg meningkat, apabila terlalu panas maka akan terjadi detonasi ato knocking ato ngelitik, untuk menghindari ini, baiknya menggunakan system cold air filter utk injeksi ato open air filter utk carbu

utk langkah pengerjaannya pada saat mini-me swap, supaya hasil peningkatan kompresi berhasil baik, maka disarankan ring piston diganti semua, dinding cylinder kalo ada cacat diperbaiki dulu ke tukang bubut, metal jalan metal duduk ganti semua, bgitu jg dgn pompa oli, water pump rapiin semua.. mumpung skalian dibongkar.., kalo perlu valve springnya jg diganti pake yg racing shg lebih rapat lg lebih menjamin tidak ada kebocoran pada saat posisi valve tertutup pada langkah tenaga..

hasil akhirnya bukan hanya extra boost tenaga tetapi jg terjadinya perubahan derung suara mesin pada saat vtec kicked-in, untuk yg pengen suara vtec crossover nya (perpindahan ke vtecnya)terdengar keras (show off he3x), untuk yg injeksi, system air filternya menggunakan system cold air filter, jgn pake yg stock ato standard bawaan injeksinya, ganti dgn short ram intake dan air filternya terbuka (contoh model cone KNN ato lainnya jangan tertutup), utk dual carburetor, buka air filternya sama sekali, tp jaring2nya jangan yaa, terus tambahin mini trompet pada moncong corong dual carbunya, maka dengan demikian, pada saat vtec kicked in, derung sura vtecnya jelas terdengar, utk yg single carburetor juga sama spt dual carb.., utk dual car highly recommended dipasangin moncong terompetnya.. hehe :D

catatan tambahan: banyak perdebatan dibanyak forum luar ttg vtec B series VS D series katanya kencengan yg B series suaranya, sebenarnya ngga begitu, yg D series SOHC VTEC jg keras suara crossover vtecnya, hanya saja syaratnya jangan menggunakan air filter standard dan tertutup, untuk hasil suaranya bisa diliat di video di bawah ini



ok deh sekian dulu bantu jawabnya yaa.. :D

PS: kalo hasilnya dirasa masih kurang, ngga perlu buru2 ganti block mesinnya om, tambahin turbo aja.. dijamin patent!! hehehe VTEC TURBO YO :D

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by adeindra » Sun Mar 02, 2014 6:46 am

naaahhh penejelasan yang mantaaab

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by rezayolando » Sun Mar 02, 2014 5:19 pm

Keren nih om emi penjelasannya.. Mantab..
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by PapaEmy » Sun Mar 02, 2014 8:54 pm

adeindra wrote:naaahhh penejelasan yang mantaaab
halo opa Ade.. apa kabar?? gimana si putih jadi dijual?? :-?

hehehe.. sbnrnya hati ane sedih nulis di sini krn kangen berat ama nouva D13Z6 VTEC ane dilamar org hihihi.. hiks =((

tp yaa udahlah krn ane jg udah niat pengen pulang dan doa permintaan ane udah dikabulin.., buat kenang2an di sini, ane coba kasih review hasil overall mini-me swap dual carbbed yg ane terapin di nouva ane, sebagian ttg teknisnya udah ane tulis di atas, skrg tinggal.. mungkin buat temen2 yg laen yg pengen mini-me swap.. tinggal di masalah pilihan antara injeksi vs dual-carb vs single carb karena factor dana juga ikut menentukan pilihan akhirnya..

pertama2.. untuk block mesin, semua block mesin seri D bisa dipasang dgn head vtec (seri D juga), ngga ada perubahan koq tinggal pasang plek :)

kl dari pengalaman ane, mini-me swap ini bagus utk sekalian peremajaan kondisi kesehatan kendaraan, juga peningkatan performanya dgn biaya yg masih relative ekonomis, utk dari segi performa.. utk kebutuhan pemakaian jalan raya dan sehari-hari, banyak peningkatan performa yg dpt lsg dirasakan, akselerasi tengah D13Z6 ane pada saat vtec engaged dari 100kph ke 160kph sempet bikin camry 2.5L hybrid sewot di tol hehehe.., tp kalo untuk kebutuhan utk turun (circuit misalnya), jujur aja.. ngga cukup!! yg ada bisa2 diketawain nanti he3x.. X(

apalagi dalam hal ini yg ane terapin di nouva yg notabene SH3 di sini std dari distronya dulu dikasih mesin yg 1.3L yg sempet dibilang sbg mesin yg underdog di berbagai forum luar utk kelas EF/EE/ED, tp kalo kita bisa memahami teknik2nya, ternyata malah block D13 bnyk jg yg nyari copotannya di eropa sana, krn block D13 adalah short block termasuk yg paling pendek dengan block D12, cuma block D12 lebih sulit ditemui ketimbang block D13

maksud ane ngulas ttg short block di sini adalah spy temen2 yg masih pake block D13.. jangan kecil hati dulu.. krn keuntungannya short block D13, krn tinggi blocknya pendek maka langkah putaran crank shaftnya pun pendek.. alhasil.. lebih cepat mencapai RPM maximumnya, yg sama juga lebih cepat mencapai peak horse powernya walo pun HPnya tidak sebesar dgn yg cc lebih besar, tp sebelum yg cc lebih besar mencapai peaknya, yg D13 udah duluan, jadi keunggulan block D13 adalah di momentumnya yg lebih cepat mencapai peaknya.., rpm yg tadinya maximum hny 8000 naik jd 9000 (mgkn lebih malah) krn pernah ane bejek lbih dari 8000 suara putaran maximum mesin masih belom terdengar masih terus narik :D

berangkat dari situ, block ini diupgrade dgn head P08, P08 yg std blocknya adalah mesin D16, otomatis diameter valve dan bukaan valvenya bawaan headnya juga didesign utk 1.6L, maka krn pasokan udaranya meningkat, otomatis katakanlah yg tadinya perbandingan kompresi std block D13 misalnya 1:10, bisa meningkat mnjadi 1:11 misalnya (utk titik mati atas dan titik mati bawahnya), rata2 perbandingan kompresi mobil dalam kondisi ideal/baru adalah 1:10, mungkin mengingat usia kendaraan rata2 bisa turun mnjadi 1:7 - 1:8, bila kita bandingkan dgn mesin F1 yg perbandingan kompresinya TMA TMB nya 1:17 dgn rpm maximum kisaran 18ribu - 20ribu rpm angka 1:10 itu ngga ada apa2nya, salah satu cara menaikkan perbandingan kompresi adalah dengan meningkatkan putaram RPM maximumnya dan langkah yg lebih pendek, sedangkan kita ketahui utk meningkatkan perbandingan kompresi 1 angka di atasnya aja sudah sangat sulit memodifikasinya (kecuali dgn bantuan turbo sehingga pendeknya langkah putaran bisa dipertahankan)

kita tidak bicara modifikasi dalam satuan centimeter ato inch di sini.. tapi dalam millimeter bahkan per 10 hingga per 100 millimeter, tp dgn perubahan kecil saja sudah bisa meningkatkan dalam jumlah yg relative ga kliatan oleh mata telanjang tetapi efeknya sudah significant perubahan hasilnya, maka dgn meningkatnya perbandingan kompresi dgn bantuan head P08 ditambah dgn pendeknya langkah block D13, walaupun horse power yg didapat dgn mini-me ini hanya pada kisaran 120-125 horse power (dengan bantuan modifikasi lain tentunya spt header, diameter pipa knalpot lebih besar, muffler, coil racing dll utk mencapai angka segitu dari stdnya yg kisaran 75hp), tetapi block mesin yg underdog tadi bisa mencapai peak horse powernya lebih dulu ketimbang cc yg lebih besar, dalam contoh di atas camry hybrid tadi, kesimpulannya pada saat camry itu berusaha mencapai peak powernya, si D13 udah ganti gigi berikutnya krn si D13 mencapai rpm maximum powernya lebih dulu ketimbang yg 2.5L camry hybrid tadi.., jadi kita dalam hal ini ngga bisa bicara hanya murni power, tp banyak factor laen jg yg harus dilihat.. dalam hal ini adalah momentum juga ikut menentukan, itu makanya di US/Canada banyak para muscle car enthusiast kesel ama mobil2 jepang yg kecil2 tp dengan mudah ngasepin muscle car mereka he3x :D

okeh.. skrg kita kembali ke pertanyaan biaya, pakai system injeksi ato carburetor, spt udah sy ulas di atas, perbedaan antara injeksi vs carburetor hanya di cara kerjanya saja yg jelas2 berbeda, utk hasil perbedaan tenaga yg dihasilkan oleh keduanya, kekurangannya bisa ditutupi dgn modifikasi laen spt header, intake, pengapian dll, mungkin saja dalam pelaksanaan mini-me swapnya bukan kita yg turun tangan lsg tetapi montirnya, tp dalam hal ini kalo kita menguasai konsepnya maka kita yg jadi directornya dalam mengarahkan ke arah mana hasil modifikasinya, ngga hanya asal pasang hidup beres, krn biaya yg kita kluarkan relative tidak sedikit.. dan yg kita cari adalah kepuasan dari hasilnya tentunya :)

jadi kalo misalkan budget utk peremajaan kesehatan mesin dipatok 10 jt misalnya, mgkn pillihannya jatuh kepada carburetor, baik itu dual ato pun single, krn daleman block pun harus kita liat dulu kondisinya, sebaik apa pun kondisi blocknya, ring piston metal duduk metal jalan kl mnurut sy wajib diganti, krn stlh head vtec terpasang nanti, kita ngga tau seberapa kuat part-part tersebut thd perubahan torsi yg significant pada saat vtec engaged, kalo ngga diganti terus tau2 crankshaftnya jebol kan nyesel akhirnya.., jadi boleh jadi modifikasi utama hanya terletak pada head mesin, tetapi yg bagian bawah juga harus diperkuat tentunya..

sedang kalo utk injeksi, sudah pasti akan makan biaya di atas 10jt, krn utk SH3/SH4 di sini belom memakai system injeksi dari std awalnya, mungkin utk system injeksi complete dgn ECU dan wiring harnessnya sndiri sudah hampir mencapai 10jt, beda kalo misalkan utk EG ato EK, utk EG bisa cukup dgn ganti ECU dan wiring harnessnya saja, jgn ganti ECU aja tp wiringnya ngga diganti krn skemanya jelas2 beda designnya, kecuali yg ngerjain nguasain utk memodif alur wiring harness bawaan EG ato EK yaa silakan aja..

nah kalo misalkan utk bela2in mini me swap pake system injeksi udah mendekati 15 jt ke atas.. kan tanggung mening swap engine bullet skalian dong?? mungkin dgn 20 jt udah dapet B16 ato B18 bullet, beda kalo kita di sini bicara dgn tunggangan kita adalah EG ato EK, EG ato EK (kalo EKnya misal mau dipakein P08) mungkin selain head ga perlu ganti ECU dan wiring harnessnya, cukup di remap aja ECU yg udah ada.. ato tambah pasang VTEC trigger spt Buddyclub VTEC controller ato pivot ato yg laennya utk mengakifkan solenoidnya spy vtec kicks in..

jadi utk menjawab bagusnya pilih injeksi ato carburetor pada project mini-me swap ini, jawabannya adalah biayanya ternyata yg beda jauh.., jadi yaa tinggal mau pilih yg mana, keunggulan mini-me swap dgn memakai system injeksi hanya akan berbeda jauh hasilnya ketimbang dgn carburetor kalo project mini-me swapnya ditambah dengan system turbo dgn intercooler menjadi VTEC TURBO, krn turbo dgn carburetor bukan berarti ngga mungkin, tp jelas2 susah modifikasinya utk mencapai hasil yg ideal :D

ok deh kalo gitu.. sy harap review sy dari mini-me swap yg pernah sy lakuin bisa membawa manfaat buat teman2 yg juga mau mencoba dgn karya modifikasinya masing2 dalam mementukan pilihannya :)

salam VTEC yo,

~papaemy~

PS: pertanyaan sy tinggal 1 skrg, siapa neh yg pengen bikin project D13Z6 VTEC TURBO?? <<WARNING!! AWAS KOMPOR!!! HEHEHE :mrgreen:

User avatar
achoxpay
GC Noob
GC Noob
Posts: 47
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:07 pm
Location: Makassar

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by achoxpay » Mon Mar 03, 2014 10:34 am

mantap penjelasannya omm
g suka ngebut,,, pelan pelan aja

samir_AB4929
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Wed Apr 27, 2011 10:31 pm

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by samir_AB4929 » Fri Mar 07, 2014 12:16 am

Om-om Master Gc.com, numpang nanya sekalian, saya baru saja Swap ke ZC Vtec, tapi Radiator jadi bermasalah, kalo di pake jalan di Tol (di geber terus), air yang pindah ke Reservoir tank nggak mau balik ke radiator, jadinya penuh dan temperatur naek, tapi heran nya kalo dalam kota aman, radiator sudah di servis, cek bocor di mesin, semua ok, juga sudah ganti van pake karimun punya.

Apakah radiator standart nggak cocok di zc vtec, dan harus ganti yang lebih besar, 2 ply maksudnya, ada yang nyaranin ganti full aluminium, tapi8 cari yang buat Civic 91 susahnya minta ampun, sudah sampe ke distributor pun, nggak dapet jawaban pasti,

Mohon pencerahannya, mungkin Om-om yang juga Swap ke ZC Vtec bisa bagi pengalamannya, sudah hampir frustasi nih, matur nuwun

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by adeindra » Fri Mar 07, 2014 12:41 am

Apakah sudah coba ganti tutup radiator?
Jika belum coba ganti. Inget ganti yang aseli ND ya om.
InsyaAllah teratasi deh


Kuat lah radiator kita kalo "hanya" zc.

samir_AB4929
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Wed Apr 27, 2011 10:31 pm

Re: WTA Swap Engine dari standar ke VTec

Post by samir_AB4929 » Fri Mar 07, 2014 1:03 am

Siap Opa, terimakasih pencerahannya, noted Aseli ND

Waktu servis radiator sempet penasaran sama tutup itu, tapi kata mas nya kalo masalahnya di tutup, air langsung pindah, padahal kalo gas di geber-geber dalam kondisi mobil berenti, 15 menit lebih air nggak pindah, tapi nggak ada salahnya saya coba dulu, mudah2an solve, matur nuwun Opa.

Post Reply