Page 6 of 21

Re: masang head Vtec

Posted: Mon Feb 04, 2013 6:40 pm
by PapaEmy
adeindra wrote:ohhhh itu jawabannya toohhh :D

kalo yang kode head vtec saya tanya di atas itu ngerti engga om?
karena kalo orang suka jualan liat di forum sebelah suka bedaan harga karena katanya "strip" nya beda... strip3 lebih mahal dibanding strip 2 gitu katanya
kalo itu ngga afal sy mas, kl ngga salah sih kode beda versi utk tiap negara ato dipasang di type mana mobilnya..

Re: masang head Vtec

Posted: Mon Feb 04, 2013 8:48 pm
by ankghietz
Dapat pelajaran lagi,
Mau tanya om, kalo yang head 3 stage dipasang di mesin karbu apakah kick in nya juga bisa diatur pake trigger, kan beda2 stage per rpm nya.

Re: masang head Vtec

Posted: Mon Feb 04, 2013 10:06 pm
by joehanz
Setuju banget sm om papaemy jd modif mesin juga harus liat efisiensi dan efektifitasnya hehhehe..biayanya sepadan dengan kebutuhannya..biasanya juga klo mesin standar dimodifnya ga tepat mobil sering jd rewel..sering bolak balik ke bengkel buat setting ulang dll..tp kesimpulannya ane jg jd pengen maksimal mini swap ajah secara hanya untuk harian hehhee...jadi mana neh yg mau buka lapak..sapa tau bisa nyicil hehhehe..

Re: masang head Vtec

Posted: Mon Feb 04, 2013 11:20 pm
by adi_vostro
Hihihihihihihihihihihihi...maksudnya Om Hohox kalo saya nggk salah tangkap,,AFR tu rasio campuran bensin + udara mungkin yah...ketika VTEC On,trus AFR nya jadi lean banget..
Ya menurut saya si ya nggk bisa di setting AFR nya kalo di karburator..dari segi basic pun nggk bisa ketemu nalarnya,soalnya karburator bekerja dengan sensor konvensional (vaccum) sedangkan injeksi bekerja dengan sensor elektronik (Map sensor,TPS,IAT,dll mbuuuhhh marai mumet kakekan sensor wkwkwkwwkwkwkwkwk)..itulah mengapa injeksi bisa lebih irit daripada karburator..
Nah,,ketika kasus di VTEC di padukan dengan karburator,,tetep nggk bisa di setting AFR nya..campuran udara + bensin di karburator bakalan tetep sama dari rpm 0 - mentok.ratio AFR nya tetep sama nggk bisa berubah.,,nggk bisa seperti ECU yg kurva nnya bisa berubah waktu VTEC on, sensor2 membaca,diteruskan ke ECU,,dan ECU bisa merubah rasio bahan bakar + udara menjadi lebih "rich"...kalo pasokan bahan bakar tetep dipaksa "lean",,yang ada waktu VTEC on,mesin jadi "ngelithik",soalnya waktu VTEC on,mesin minta supply bahan bakar yang lebih "rich",,tapi karburator nggk bisa merubah setting'an AFR nya.."Permasalahannya,bukan hanya seberapa banyak pasokan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar,,tetapi juga menyangkut bagaimana rasio udara + fuel nya..rich or lean?"

Belum lagi masalah kurva pengapian distributor (yang kalo injeksi pake sensor,tapi kalo karburator pake vaccum)..kalo dijelasin malah tambah panjang lagi deh..

Itulah mengapa,setiap ada rekan2 yang sharing masalah VTEC,,statement saya pasti "mengganti dengan head VTEC tidak akan pernah bisa maksimal & efisien (bukan berarti nggk bisa pasang head VTEC ya),kalo masih menggunakan karburator...alasannya VTEC BEKERJA dan DIDUKUNG secara elektronik (lewat sensor2) bukan dengan sistem vaccum konvensional seperti karburator..

Itu pendapat pribadi saya lho ya,,maaf kalo ada salah2 dalam mencoba sharing...saya cuma nubie dan tidak begitu paham dengan injeksi,VTEC,dan lain2...karena saya penganut faham "hidup karburator + SOHC non VTEC" (luwih penak le nyetting)...wkwkwkwkwkwwkwkwkwkwk
CMIW :)

Re: masang head Vtec

Posted: Tue Feb 05, 2013 12:45 am
by hoxs21
ooo gitu ya...
berarti kalau pake karburator disetting nya kalo pengen irit, korban waktu vtec nyala, yang berarti performa tidak maksimal. atau kalo disetting maksimal waktu vtec nyala berarti iritnya yang dikorbankan...
atau disetting tengah2, yang berarti tidak maksimal di keiritan dan performa? begitukah?
terus kalau perbandingan FC yang pake head vtec, khususon yang p08 dengan non vtec ada beda kah?
maklum, saya juga masih nubi urusan vtec, karena saya juga baru pasang dan belum sempat utakatik.

sharing yang terjadi di saya,
alasan saya mengganti head vtec, 30% adalah penasaran cerita orang, dan 70% sisanya adalah buat gaya-gayaan, biar kalo ditanyain bisa gaya.. 8-} :p #halaaahhhh
sebelumnya saya pakai head pm3 yang sudah di PnP. setelah ganti ke vtec p08, saya malah merasakan penurunan performa. di trek yang sama, akselerasi dan kecepatan maksimal yang bisa dicapai berbeda. FC nya pun tidak berselisih signifikan.
mungkin kalau sebelumnya menggunakan head pm3 yang standar, performa yang dirasakan akan berbeda. mungkin.... sekali lagi ini yang terjadi pada gc saya, mungkin orang lain dapat pengalaman yang berbeda.

IMHO, penggantian head ke vtec dengan masih menggunakan karburator mungkin menambah performa. sesuai dengan spesifikasi diatas kertas, bahwa head vtec mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan non vtec. tapi apa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan uang yang dikeluarkan? katakanlah untuk pasang head vtec mengeluarkan uang 5-6jt. itu hanya harga head + pasang dan pritilan2 nya, dengan kondisi head vtec masih standar. untuk apakah? untuk mengejar irit apa performa? atau hanya sekedar gaya?
saya rasa dengan menggunakan jasa tuner yang handal, untuk memodifikasi head non vtec menjadi tetap irit tapi performa meningkat tidak akan menghabiskan uang sebanyak kalau kita bereksperimen dengan vtec.
--------------------------------------
hanya sekilas pandang om2s. menjadi pertimbangan om2 yang mau bermain-main dengan head vtec, dan berpandangan bahwa setelah ganti pasang dan selesai, dan bisa dapat irit dan buas. jangan sampai udah jual sawah buat beli head vtec, jadinya nyesel krn tidak seperti yang dharapkan. hehehehe :D

Re: masang head Vtec

Posted: Tue Feb 05, 2013 2:26 am
by PapaEmy
he3x.. akhirnya sepuh2nya banyak yg nyumbang input jg neh.. yaa udah silakan dilanjut aja sama siapa aja yg mau share ilmu dan pengalamannya.. :)

kalo buat sy.. yg sy masih ngga ngerti dgn kata org yg bilang "kl pake vtec ngga pake injeksi ecu dllnya maka hasilnya ngga maximal", emang batasan maximalnya itu ampe di mana seh? he3x.. :mrgreen:

jd sbnrnya kl dari yg sy pahami dgn mini-me swap, dgn modal secukupnya ternyata hasilnya tidak mengecewakan, tp batasan mengecewakan kan buat tiap2 org udah pasti berbeda2, jd kesimpulannya kl menurut sy.. yg punya mobil puasnya sampe mana? he3x.., bukan mslh nanti yg ditakutkan akan begini begitu lah spt mesin ngelitik ato apalah, krn kalo bicara mesin ngelitik itu sndiri pun bnyk faktor yg ikut menentukan bukan hny krn ratio campuran bensin dan udara, toh buktinya bnyk mobil dgn system injeksi yg ngelitik jg kan dgn vtec ato non vtec? he3x :mrgreen:
ankghietz wrote:Dapat pelajaran lagi,
Mau tanya om, kalo yang head 3 stage dipasang di mesin karbu apakah kick in nya juga bisa diatur pake trigger, kan beda2 stage per rpm nya.
kalo idealnya utk yg ini mening pake injektor dan ecunya om, krn yg 3 stage ini unik kerjanya spt yg udah sy sebutkan sblumnya, tp bukan berarti ngga bisa pake trigger, cuma lebih rumit modifnya, hrs dipahami lebih dulu bagaimana pengaktifan 3 klep per cylindernya yg kemudian 4 klep per cylindernya stlh rpm di atas 2000 sehingga bisa dibuat modifikasi manualnya, utk pengaktifan vtecnya ngga beda dgn penggunaan trigger pivot ato v con hny di rpm 6000 aja bedanya vtec baru aktif :)

Re: masang head Vtec

Posted: Tue Feb 05, 2013 8:57 am
by adeindra
asik diskusinya tambah nih

nambah ilmu

Re: masang head Vtec

Posted: Tue Feb 05, 2013 9:57 am
by adi_vostro
PapaEmy wrote: kalo buat sy.. yg sy masih ngga ngerti dgn kata org yg bilang "kl pake vtec ngga pake injeksi ecu dllnya maka hasilnya ngga maximal", emang batasan maximalnya itu ampe di mana seh? he3x.. :mrgreen:

Ya gara2 anggapan dari beberapa orang,kalo pake head vtec kenaikannya tenaganya bakalan kaya kalo naik ferio..padahal nggk bakal bisa sama,,karena memakai karburator nggak bakal bisa semaksimal pake injeksi..(Belom lagi masalah beda cc antara GC,nouva,ferio)

Kadang lucu juga si ada beberapa orang yang menganggap VTEC itu "Force induction" kaya turbo,NOS,dll...padahal mah bukan,,VTEC cuma efficient purpose...kalo anggapan saya pribadi sih vtec tujuan nya mengakomodir keinginan kita ketika pengen berkendara irit (kalo pake RPM rendah vtec belum on) dan apabila kita ketika butuh tenaga besar,akselerasi tinggi (RPM tinggi waktu vtec mulai on)

Dengan kondisi mesin yang sama,,pendapat saya mesin jadi lebih ngelithik waktu pasang head vtec dibanding head standar..alasannya,,yang pertama seperti comment saya sebelumnya,AFR ideal waktu VTEC on tidak didapat kalo masih menggunakan karburator..
Yang kedua,,squis silinder head P08 lebih flat dibanding dengan head standar..akibatnya kompresi lebih tinggi,,minta bahan bakar yang lebih bagus..kalo dipaksa pake premium ya jadi ngelitik..

Itu semua cuma opini saya pribadi loh yaaa...CMIW

Re: masang head Vtec

Posted: Tue Feb 05, 2013 10:06 am
by adi_vostro
hoxs21 wrote:ooo gitu ya...
berarti kalau pake karburator disetting nya kalo pengen irit, korban waktu vtec nyala, yang berarti performa tidak maksimal. atau kalo disetting maksimal waktu vtec nyala berarti iritnya yang dikorbankan...
atau disetting tengah2, yang berarti tidak maksimal di keiritan dan performa? begitukah?
terus kalau perbandingan FC yang pake head vtec, khususon yang p08 dengan non vtec ada beda kah?
maklum, saya juga masih nubi urusan vtec, karena saya juga baru pasang dan belum sempat utakatik.

sharing yang terjadi di saya,
alasan saya mengganti head vtec, 30% adalah penasaran cerita orang, dan 70% sisanya adalah buat gaya-gayaan, biar kalo ditanyain bisa gaya.. 8-} :p #halaaahhhh
sebelumnya saya pakai head pm3 yang sudah di PnP. setelah ganti ke vtec p08, saya malah merasakan penurunan performa. di trek yang sama, akselerasi dan kecepatan maksimal yang bisa dicapai berbeda. FC nya pun tidak berselisih signifikan.
mungkin kalau sebelumnya menggunakan head pm3 yang standar, performa yang dirasakan akan berbeda. mungkin.... sekali lagi ini yang terjadi pada gc saya, mungkin orang lain dapat pengalaman yang berbeda.

IMHO, penggantian head ke vtec dengan masih menggunakan karburator mungkin menambah performa. sesuai dengan spesifikasi diatas kertas, bahwa head vtec mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan non vtec. tapi apa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan uang yang dikeluarkan? katakanlah untuk pasang head vtec mengeluarkan uang 5-6jt. itu hanya harga head + pasang dan pritilan2 nya, dengan kondisi head vtec masih standar. untuk apakah? untuk mengejar irit apa performa? atau hanya sekedar gaya?
saya rasa dengan menggunakan jasa tuner yang handal, untuk memodifikasi head non vtec menjadi tetap irit tapi performa meningkat tidak akan menghabiskan uang sebanyak kalau kita bereksperimen dengan vtec.
--------------------------------------
hanya sekilas pandang om2s. menjadi pertimbangan om2 yang mau bermain-main dengan head vtec, dan berpandangan bahwa setelah ganti pasang dan selesai, dan bisa dapat irit dan buas. jangan sampai udah jual sawah buat beli head vtec, jadinya nyesel krn tidak seperti yang dharapkan. hehehehe :D
Ho'oh Mas...AFR karbu kan cuma fix settingnya,,nggk bisa rubah2..jadi ya setting'an ne 3 pilihan itu,,"irit,sedengan,& boros...ya tinggal pilih setting'annya sesuai yang mas Hohox jabarkan tadi....hihihihhihhiihihhihihihihi :p

Re: masang head Vtec

Posted: Tue Feb 05, 2013 11:20 am
by ankghietz
Iya ya om, saya juga sempet pikir2 mau pasang head p2j eks ferio ke genio saya, soalnya implementasinya kayaknya gampang tapi masih lumayan lagi belanja printilannya, belum remap ecu atau ganti ecu p27, kabel busi + delko dll dlsb, dan hasilnya juga belum tentu sesuai dengan apa yang dikeluarkan, worth atau ndaknya. Jadi ya tergantung kebutuhan dan penggunannya untuk apa dan seperti apa.