MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
klo menurut sy ya om,...
dinamo kebakar (gosong) itu dikarenakan karena umur pemakaian sudah terlalu lama.....(bener g ya??)
dl sy juga ngalamin gt om,...
pertama ganti dinamo starter, trus beli accu, tp cm bertahan seminggu aj...
trnyata dinamo ampere nya jg udah usang....
dinamo kebakar (gosong) itu dikarenakan karena umur pemakaian sudah terlalu lama.....(bener g ya??)
dl sy juga ngalamin gt om,...
pertama ganti dinamo starter, trus beli accu, tp cm bertahan seminggu aj...
trnyata dinamo ampere nya jg udah usang....
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Sebentar.. kronologinya gini ya:
- Alternator bermasalah, karena elektroniknya (IC mungkin maksudnya ya) rusak jadi beli baru..
- Setelah beli dan pasang 1 minggu dinamonya terbakar..
bener gitu ya?
Masalahnya pertama timbul nggak dicheck dulu sama bengkel waktu ganti alternator baru?
Alternatornya yang baru bisa terbakar ingat nggak ada kejadian apa? Menerjang banjir? kena siram waktu nyuci mobil?
atau kelistrikan mobil apa sudah ada penambahan beban? Audio mungkin?
- Alternator bermasalah, karena elektroniknya (IC mungkin maksudnya ya) rusak jadi beli baru..
- Setelah beli dan pasang 1 minggu dinamonya terbakar..
bener gitu ya?
Masalahnya pertama timbul nggak dicheck dulu sama bengkel waktu ganti alternator baru?
Alternatornya yang baru bisa terbakar ingat nggak ada kejadian apa? Menerjang banjir? kena siram waktu nyuci mobil?
atau kelistrikan mobil apa sudah ada penambahan beban? Audio mungkin?
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Di dalem alternator ada 2 bagian terpisah,
- kumparan rotor (yg muter)
- kumparan statik
yg nyedot listrik aki, komponen yg nyambung di kumparan rotor: IC CutOut + Kumparan.
yg menghasilkan listrik, kumparan statik dgn komponen Dioda penyearah + Kumparan.
Biasanya yg bikin kebakar kumparan rotor itu karena kepanasan, bisa jadi korsletting, antara lain kena cipratan air.
IC CutOut mati, biasanya karena umur/kualitas komponen. Bungkusnya sendiri sdh waterproof.
Klo dioda penyearah putus, bisa karena beban listrik di mobil terlalu besar, atau ada korslet di kelistrikan mobil.
klo ga salah di google ada artikel pdf soal alternator Grandcivic. yg bikin anak kuliahan buat thesis.
cukup lengkap tapi lupa lagi linknya
- kumparan rotor (yg muter)
- kumparan statik
yg nyedot listrik aki, komponen yg nyambung di kumparan rotor: IC CutOut + Kumparan.
yg menghasilkan listrik, kumparan statik dgn komponen Dioda penyearah + Kumparan.
Biasanya yg bikin kebakar kumparan rotor itu karena kepanasan, bisa jadi korsletting, antara lain kena cipratan air.
IC CutOut mati, biasanya karena umur/kualitas komponen. Bungkusnya sendiri sdh waterproof.
Klo dioda penyearah putus, bisa karena beban listrik di mobil terlalu besar, atau ada korslet di kelistrikan mobil.
klo ga salah di google ada artikel pdf soal alternator Grandcivic. yg bikin anak kuliahan buat thesis.
cukup lengkap tapi lupa lagi linknya
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
klo saya mah dulu majalahnya cuma, aki gak mo ngisi, trus di servis aja ke tukang dinamo, rebes deh
FYI, kebetulan juga inner fender sempet ilang gara2 nerobos banjir (tau dah ntu kok bisa???), tp gak pernah ampe konslet begitu om...
FYI, kebetulan juga inner fender sempet ilang gara2 nerobos banjir (tau dah ntu kok bisa???), tp gak pernah ampe konslet begitu om...
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
bukannya klo dah idup emang mati ya om indikator aki??? justru klo idup berarti ada majalah ama listrik aki, CMIIW ;)oowee wrote:alternator baru sudah terpasang,
cuman masalahnya lagi lampu aki di dashboard sering mati,...
kenapa bisa ya? mohon pencerahannya om
kamsudnya mati bijimane neh om???
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Bisa jadi IC cutout di alternator sdh apkir.
coba di cek tegangan di kepala aki waktu rpm di atas 2000, apa masih spek di maksimal 14.8V
klo sdh di atas itu, berarti icnya sdh ga bekerja.
klo masih di rentang 14.8 ke bawah, IC masih bisa memutus arus ke alternator, tp ga berani jamin bakal seterusnya
coba di cek tegangan di kepala aki waktu rpm di atas 2000, apa masih spek di maksimal 14.8V
klo sdh di atas itu, berarti icnya sdh ga bekerja.
klo masih di rentang 14.8 ke bawah, IC masih bisa memutus arus ke alternator, tp ga berani jamin bakal seterusnya
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
nah sang suhu berbicara tuh om
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
pake penambahan alat apa aja oom?
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Wah klo udah bincang perihal kompon elektrik benar sulit, saya pernah sedang jalan dengan sang ke kasih tapi tiba2 radio mate, setlah itu lampu sein mate, setelah tu ac mati jua. Sy kira batre ni dah rozak, buru-buru ke tukang batre beli baru harga 500 rb. Starter langsung jrengeneng, sambil siul2 kita jalan lagilah. Tak taunya baru satu jam jalan semua pada matilah lampu2 ni redup. Buru2 kembali pulang dan masuk workshop, ternyata alternator dah rozaklah. Disaran sama tukang bengkel beli baru ja, daripada repair biasa tak brapa bagus. Akhirnya belilah harga 800rbu, alhamdulillah sampe skrg bagus saja.
Coba cek kabel2nya om, sapa tau dah usanglah dah tak bagus hantar listrik ke batre dan lagi konsleting dan tu sebabkan kebakar.
Coba cek kabel2nya om, sapa tau dah usanglah dah tak bagus hantar listrik ke batre dan lagi konsleting dan tu sebabkan kebakar.
DA8066PB
Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)
Maaf om semua minta pencerahan nih om,GC saya indikator akinya nyalah terus kira kira kenapa ya om?udah ganti dimano ampere masih nyala terus ..apa kena ICnya ya om?mohon pencerahan.