Page 2 of 3

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Sun Jul 26, 2015 7:53 pm
by Pa'de Gung
ghananto wrote:Maaf om semua minta pencerahan nih om,GC saya indikator akinya nyalah terus kira kira kenapa ya om?udah ganti dimano ampere masih nyala terus ..apa kena ICnya ya om?mohon pencerahan.
Mungkin masalahnya bukan pada dinamo ampere om...
Coba hidupkan mesin lalu lepas kabel aki (-). Mesin tetep hidup ato mati.

Oh ya.., om ghananto silahkan kenalan dulu di introductions ya om..., ada contoh form nya buat diisi..., tengkyu.

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Sun Jul 26, 2015 8:01 pm
by papah_waone
klo ngecek pengisian bagus apa nggaknya berarti waktu mesin d hidupkan kabel negatip accu d cabut klo mesin lngsng mati berarti pengisian jelek gitu ya om...

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Sun Jul 26, 2015 8:07 pm
by Pa'de Gung
papah_waone wrote:klo ngecek pengisian bagus apa nggaknya berarti waktu mesin d hidupkan kabel negatip accu d cabut klo mesin lngsng mati berarti pengisian jelek gitu ya om...
Salah satu cara om..., hanya mengetahui alternator bekerja ato tidaknya tanpa alat ukur.
Jd belum tau berapa arus pengisiannya.

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Wed Jul 29, 2015 4:57 pm
by zastraw
Kalo pengisian sampai lebih dari 15 normal atau over?

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Thu Jul 30, 2015 10:33 am
by Pa'de Gung
Wahh..over itu om..., max 14,5V. Karena kapasitas aki full hanya 14V.

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Sun Aug 02, 2015 10:33 am
by kangluthfi
Om kalo begitu buka pintu kan sein nyala dan lampu kabin nyala.. Lampu kabin suka ikut kedip2 knp ya?

Cek accu klo kondisi mesin mati diangka 13.. Klo dlm kondisi mesin nyala diangka 14.. Accu pke yg 50ah.. Perlu upgrade alternator gak om? Kondisi ada subwoofer 3biji, power 2biji..

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Sun Aug 02, 2015 12:21 pm
by Pa'de Gung
Lampu lain ikut kedip bukan selalu masalah aki om..
Instalasi yg sudah tua jg bisa jadi masalah.
Stater mesin bisa jadi tolok ukur kondisi aki..karena bebannya yg besar.
Jadi kalo stater lancar aki masih termasuk bagus.
Tegangan aki standby 13V masih cukup bagus om. Kurang dari itu waspada, kurang dari 12,5V aki tekor.

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Sun Aug 02, 2015 7:14 pm
by kangluthfi
Pa'de Gung wrote:Lampu lain ikut kedip bukan selalu masalah aki om..
Instalasi yg sudah tua jg bisa jadi masalah.
Stater mesin bisa jadi tolok ukur kondisi aki..karena bebannya yg besar.
Jadi kalo stater lancar aki masih termasuk bagus.
Tegangan aki standby 13V masih cukup bagus om. Kurang dari itu waspada, kurang dari 12,5V aki tekor.
Salah satu pemecahan masalah, diurut ulang donk instalasi kelistrikan nya ya pade gung.. Se enggaknya bs tau & ada diagnosis penyakitnya..

Makasi pade gung

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Sun Aug 02, 2015 10:43 pm
by condro17
Kalo punyaku malah aneh lagi om,, akhir2 ini aki suka tekor, kukira dinamonya ga mau ngisi, kubawa ke bengkel dinamo bilang masih bagus dan normal om, padahal aki baru bulan april kemarin, apa akinya ga bisa nyimpen daya yg diberikan oleh dinamo ampere ya om ?

Pernah ku coba aki ku cas penauh, setelah itu kuhidupin mesin, lampu2, audio,, kubiarin kurang dari satu jam mesin mati, lampu redup, audio agak kempresek(boso jowo). Trus kustart ga kuat nyala om ? Apanya ya om kira2 sudah 1 mingguan lah.

Re: MASALAH ALTENATOR (dinamo strom)

Posted: Mon Aug 03, 2015 11:11 am
by Pa'de Gung
Tidak perlu waktu selama itu buat tau alternator ngisi ato tidak om.
Seperti tulisan saya diatas..., setelah mesin hidup, lepas kabel aki (-).
Kalo alternator bagus, mesin akan ttp hidup. Kalo perlu setelah kabel lepas hidupkan semua beban seperti lampu AC dll.
Kalo mesin mati..brarti alternator rusak.