Kunci kontak problem
Kunci kontak problem
Minta tolong share dari om2 GCers,
Kemarin sabtu saya ke BTC pasteur pas mau pulang tiba2 mesin bisa stater tapi ga bisa Idle dan Rpm langsung drop mati lagi.
Setelah selidiki ternyata ketika kuci kontak putar ke On lampu indikator tidak nyala jadi power window ga bisa turun naik, jadi kesimpulan waktu start mesin nyala dan ketika kunci kembali ke posisi on listrik sepertinya terputus.
Terus saya goyang dikit kiri ke kanan ternyata lampu indikator nyala dan coba start putar kunci di posisi on kiri kanan sedikit eh nyala.
Udah gitu cepetan pulang, besoknya dicoba nyala normal.
Kira2 ada yang pernah ngalamin ga ya kasus seperti mobil saya?
Apakah harus ganti kunci kontak dan harga berapa ya?
Apakah bisa diperbaiki bagian dalam kunci kontak jadi ga beli baru?
Tolong ya Om2 yang mau share, thanks.
Kemarin sabtu saya ke BTC pasteur pas mau pulang tiba2 mesin bisa stater tapi ga bisa Idle dan Rpm langsung drop mati lagi.
Setelah selidiki ternyata ketika kuci kontak putar ke On lampu indikator tidak nyala jadi power window ga bisa turun naik, jadi kesimpulan waktu start mesin nyala dan ketika kunci kembali ke posisi on listrik sepertinya terputus.
Terus saya goyang dikit kiri ke kanan ternyata lampu indikator nyala dan coba start putar kunci di posisi on kiri kanan sedikit eh nyala.
Udah gitu cepetan pulang, besoknya dicoba nyala normal.
Kira2 ada yang pernah ngalamin ga ya kasus seperti mobil saya?
Apakah harus ganti kunci kontak dan harga berapa ya?
Apakah bisa diperbaiki bagian dalam kunci kontak jadi ga beli baru?
Tolong ya Om2 yang mau share, thanks.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Kunci kontak problem
Keknya persis sama yg saya alami om..... bahkan saya 2 kali ngalami, dengan kerusakan berbeda.
Pertama kontak masih bisa on tapi ga stabil (kadang lampu indikator redup), masalah selesai dengan membersihkan kontak gesernya dengan amplas halus.
Kedua idikator mati kadang hidup, masalahnya salah satu kabel suplay penghubungnya longgar, beres setelah penghubung dikencangkan dengan cara diketok palu. (karna bentuknya mirip paku keling)
Bongkarnya juga gampang, lepaskan 2 baut kecil di ujung belakang kontak lalu cabut. (ga perlu lepas bodi kontaknya)
Pertama kontak masih bisa on tapi ga stabil (kadang lampu indikator redup), masalah selesai dengan membersihkan kontak gesernya dengan amplas halus.
Kedua idikator mati kadang hidup, masalahnya salah satu kabel suplay penghubungnya longgar, beres setelah penghubung dikencangkan dengan cara diketok palu. (karna bentuknya mirip paku keling)
Bongkarnya juga gampang, lepaskan 2 baut kecil di ujung belakang kontak lalu cabut. (ga perlu lepas bodi kontaknya)
-
- GC Enthusiast
- Posts: 910
- Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
- Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
- Contact:
Re: Kunci kontak problem
hm....... emang gara2 kunci kontak bisa bikin idle drop? apa kemungkinan bisa juga walau indikator nyala...
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device]
Re: Kunci kontak problem
Thanks infornya, tapi kayanya buka kontak ga bisa sendiri, ga tau caranya. saya coba buka cover plastic buka beberapa baut tapi gimana bongkarnya, bingung !!!!!, jadi pasang lagi bautnya aja.Pa'de Gung wrote:Keknya persis sama yg saya alami om..... bahkan saya 2 kali ngalami, dengan kerusakan berbeda.
Pertama kontak masih bisa on tapi ga stabil (kadang lampu indikator redup), masalah selesai dengan membersihkan kontak gesernya dengan amplas halus.
Kedua idikator mati kadang hidup, masalahnya salah satu kabel suplay penghubungnya longgar, beres setelah penghubung dikencangkan dengan cara diketok palu. (karna bentuknya mirip paku keling)
Bongkarnya juga gampang, lepaskan 2 baut kecil di ujung belakang kontak lalu cabut. (ga perlu lepas bodi kontaknya)
Kayanya ada urutan cara bukanya. apa harus buka setir dulu, tapi takutnya ga bisa masng lagi maklum awam dengan mobil,
Re: Kunci kontak problem
Iya, waktu mesin jalan dan mobil melaju sepertinya kunci kontak jadi off sendiri (kaya yang diputar kontaknya ke posisi off jadi mesin mati), mungkin harus ke bengkel dan dicheck mungkin dalemannya ada yang kotor.Koboy wrote:hm....... emang gara2 kunci kontak bisa bikin idle drop? apa kemungkinan bisa juga walau indikator nyala...
[Post made via Mobile Device]
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Kunci kontak problem
He..he...he...susah karna blum tau caranya ya om....Ga perlu buka stir om...chrisna97 wrote:
Thanks infornya, tapi kayanya buka kontak ga bisa sendiri, ga tau caranya. saya coba buka cover plastic buka beberapa baut tapi gimana bongkarnya, bingung !!!!!, jadi pasang lagi bautnya aja.
Kayanya ada urutan cara bukanya. apa harus buka setir dulu, tapi takutnya ga bisa masng lagi maklum awam dengan mobil,
1. Coba kontak on...lalu kontak digerak2kan, kalo indikator sempat mati brarti kontak geser kotor ato aus.
secara kusus urutan bungkar ga ada sih om.... buka cover plastik bawah aja sampe kliatan kabel yg terhubung ke kontak. lepas dua baut kecil di sekitar kabel buat nglepas tabung plastiknya, setalah tu cabut kabel kontak dari soketnya. Hanya aparat dalam tabung plastik itu aja yg di benahin.(ati2 ada banyak per kecil2),
setelah isi tabung dibuka, ada bebrapa plat brbentuk U yg masing2 dilengkapi dua per. bersihkan plat dan ratakan dengan amplas kalo permukaan dah ga rata.
2. Coba kontak on, gerak2kan kabel yg menempel pada kontak, jika indikator mati brarti pin penghubung kontak longgar.
Cari ato lebih pastikan kabel mana yg saat digerakkan menyebabkan idikator mati. kalo sudah ketemu letakkan bagian dalam kontak pada tatakan besi, lalu dengan paku tumpul dan palu ketok bagian sebaliknya (bagian yg di solder).
Pasang kembali plat gesernya dan siap di coba.
gimana om....dah brani nyoba......
-
- GC Enthusiast
- Posts: 910
- Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
- Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
- Contact:
Re: Kunci kontak problem
wah.....kalo gitu mending kalo bongkar siang2 aja om.... kalo gak bisa benerin kan tinggal telp tukang kunci.... hahahahahahahaha....sekali lagi HAHAHAHAHAHAHAHAHA........
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device]
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Kunci kontak problem
Udah telanjur telpon, jadinya kunci cadangan......xixixiKoboy wrote:wah.....kalo gitu mending kalo bongkar siang2 aja om.... kalo gak bisa benerin kan tinggal telp tukang kunci.... hahahahahahahaha....sekali lagi HAHAHAHAHAHAHAHAHA........
[Post made via Mobile Device]
ga nyambung.......
Re: Kunci kontak problem
Om, ga berani buka sendiri takut ga bisa pasangnya, He He He
Kemarin udah kebengkel deket rumah dibuka kontaknya dan bener ada mangkok putih dibelakang kunci kontak buat setrumnya diputar pake obeng nyala normal eh udah pasang kadang nyala dan mati.
akhirnya beli yang belakangnya aja buatan Taiwan Rp. 125rb dan sekarang udah dipasang, mudah2 awet.
yang Original katanya sekitar Rp.350rb-an.
Masang ini memang ga usah buka setir, spt yang Om Pa'de gung caranya.
Kemarin sekalian bongkar cek swith dimmer yang ga nyala jadi coba diutak atik sama bengkel tapi tetep ga nyala, jadi cari switch lampunya cabutan singapur di banceuy, dapet yang switch lampu aja 360rb tapi waktu dipasang lampu seinnya ga nyala, kembaliin lagi dan nyari2 lagi ada yang yang cabutan yang 1 set sama switch wiper ya udah tebus aja Rp.650rb (Mahal ga ya) sekarang fungsi lampu normal semua.
Kalau ada yang perlu swich wiper saya ada yang bekasnya bisa dibeli tuh buat yang butuh He He.
Sekedar share aja, thanks buat yang udah kasih masukkan.
quote="Pa'de Gung"]
1. Coba kontak on...lalu kontak digerak2kan, kalo indikator sempat mati brarti kontak geser kotor ato aus.
secara kusus urutan bungkar ga ada sih om.... buka cover plastik bawah aja sampe kliatan kabel yg terhubung ke kontak. lepas dua baut kecil di sekitar kabel buat nglepas tabung plastiknya, setalah tu cabut kabel kontak dari soketnya. Hanya aparat dalam tabung plastik itu aja yg di benahin.(ati2 ada banyak per kecil2),
setelah isi tabung dibuka, ada bebrapa plat brbentuk U yg masing2 dilengkapi dua per. bersihkan plat dan ratakan dengan amplas kalo permukaan dah ga rata.
2. Coba kontak on, gerak2kan kabel yg menempel pada kontak, jika indikator mati brarti pin penghubung kontak longgar.
Cari ato lebih pastikan kabel mana yg saat digerakkan menyebabkan idikator mati. kalo sudah ketemu letakkan bagian dalam kontak pada tatakan besi, lalu dengan paku tumpul dan palu ketok bagian sebaliknya (bagian yg di solder).
Pasang kembali plat gesernya dan siap di coba.
gimana om....dah brani nyoba...... [/quote]
Kemarin udah kebengkel deket rumah dibuka kontaknya dan bener ada mangkok putih dibelakang kunci kontak buat setrumnya diputar pake obeng nyala normal eh udah pasang kadang nyala dan mati.
akhirnya beli yang belakangnya aja buatan Taiwan Rp. 125rb dan sekarang udah dipasang, mudah2 awet.
yang Original katanya sekitar Rp.350rb-an.
Masang ini memang ga usah buka setir, spt yang Om Pa'de gung caranya.
Kemarin sekalian bongkar cek swith dimmer yang ga nyala jadi coba diutak atik sama bengkel tapi tetep ga nyala, jadi cari switch lampunya cabutan singapur di banceuy, dapet yang switch lampu aja 360rb tapi waktu dipasang lampu seinnya ga nyala, kembaliin lagi dan nyari2 lagi ada yang yang cabutan yang 1 set sama switch wiper ya udah tebus aja Rp.650rb (Mahal ga ya) sekarang fungsi lampu normal semua.
Kalau ada yang perlu swich wiper saya ada yang bekasnya bisa dibeli tuh buat yang butuh He He.
Sekedar share aja, thanks buat yang udah kasih masukkan.
quote="Pa'de Gung"]
He..he...he...susah karna blum tau caranya ya om....Ga perlu buka stir om...chrisna97 wrote:
Thanks infornya, tapi kayanya buka kontak ga bisa sendiri, ga tau caranya. saya coba buka cover plastic buka beberapa baut tapi gimana bongkarnya, bingung !!!!!, jadi pasang lagi bautnya aja.
Kayanya ada urutan cara bukanya. apa harus buka setir dulu, tapi takutnya ga bisa masng lagi maklum awam dengan mobil,
1. Coba kontak on...lalu kontak digerak2kan, kalo indikator sempat mati brarti kontak geser kotor ato aus.
secara kusus urutan bungkar ga ada sih om.... buka cover plastik bawah aja sampe kliatan kabel yg terhubung ke kontak. lepas dua baut kecil di sekitar kabel buat nglepas tabung plastiknya, setalah tu cabut kabel kontak dari soketnya. Hanya aparat dalam tabung plastik itu aja yg di benahin.(ati2 ada banyak per kecil2),
setelah isi tabung dibuka, ada bebrapa plat brbentuk U yg masing2 dilengkapi dua per. bersihkan plat dan ratakan dengan amplas kalo permukaan dah ga rata.
2. Coba kontak on, gerak2kan kabel yg menempel pada kontak, jika indikator mati brarti pin penghubung kontak longgar.
Cari ato lebih pastikan kabel mana yg saat digerakkan menyebabkan idikator mati. kalo sudah ketemu letakkan bagian dalam kontak pada tatakan besi, lalu dengan paku tumpul dan palu ketok bagian sebaliknya (bagian yg di solder).
Pasang kembali plat gesernya dan siap di coba.
gimana om....dah brani nyoba...... [/quote]