Page 1 of 3

Oli Matic

Posted: Sun Dec 26, 2010 9:28 am
by Haris Reski
Yth senior grandcivic semua...

Mengenai oli matic untuk grandcivic thn 90.
1. Oli matic yg bagus / biasa dipake buat grandcivic merk apa ya?
2. Kisaran biaya yg dibutuhkan?
3. Bengkel rekomendasi untuk kuras oli matic dimana ya??.

Mohon pencerahan dari senior semua, maklum masih newbie nih, mau ke bengkel asal2an takut ditipu...
Sebenernya gak ada masalah serius sama transmisi matic grandcivic ane, cuman katanya kalo abis kuras dan ganti oli matic maka tarikan akan jauh lebih enteng makanya jadi pengen.

Re: Oli Matic

Posted: Mon Dec 27, 2010 6:00 pm
by realidhed
Hallo Oom Haris, salam kenal yaa..
Sesama pemakai metik kita.. ;-)

Sedikit share, :
GC newbie, perdana jalan jkt-bdg weekend kemarin. Alhamdulillah gakda masalah berarti! :-)
Di jalan yg panjang dan paling nanjak sedikiiit bgt, kickdown pada posisi tuas d4, rpm bertahan konstan di 3000-3200, dan top speed hanya 110-115km/h. Penumpang 4 orang..
Nafas mesin sepertinya masih ada, mungkin transmisi matiknya GC newbie enggak bisa mentransmisikan torsi mesin lebih banyak lagi ke roda. Gak berani kickdown lebih lama lagi karena kondisi radiator belum dikuasai dan engine temp. udah manteng di skala 1/2.
Newbie juga belum kuras oli metik, karena belum dapet bengkel referensi daerah jaksel.. :-(
Beberapa postingan senior (Oom Fieldz dan Oom Paulus) menyatakan bahwa kuras/maintenance saluran oli metik bisa menjaga performa transmisi metik.

Ikut tunggu wangsit dari para senior disini, supaya bisa optimalkan performa GC metik newbie.

Salam,

Re: Oli Matic

Posted: Tue Dec 28, 2010 1:00 am
by Koboy
wah...sorry om....kalo matic buta sama sekali....

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Oli Matic

Posted: Tue Dec 28, 2010 3:36 pm
by pauluspaska
Welcome Om,
Selamat datang pemakai matic!
saya biasa kuras di Sinar Kalimantan Pecenongan Jakarta Pusat.
Pakai oli STP sahaja, sebab saya suka kuras jadi sayang uangnya, yang penting Dextron III
Top speed yang berani digenjot cuma 140 km/j walau masih bisa lagi.
konsumsi BBM 1:10 dalkot
luar kota lebih lagi
btw saya sudah ganti matic yang ex-singapore, yang pertama jebol karena sering dipake buat sprint.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Oli Matic

Posted: Wed Dec 29, 2010 4:28 am
by Fieldz
Haris Reski wrote:Yth senior grandcivic semua...

Mengenai oli matic untuk grandcivic thn 90.
1. Oli matic yg bagus / biasa dipake buat grandcivic merk apa ya?
2. Kisaran biaya yg dibutuhkan?
3. Bengkel rekomendasi untuk kuras oli matic dimana ya??.

Mohon pencerahan dari senior semua, maklum masih newbie nih, mau ke bengkel asal2an takut ditipu...
Sebenernya gak ada masalah serius sama transmisi matic grandcivic ane, cuman katanya kalo abis kuras dan ganti oli matic maka tarikan akan jauh lebih enteng makanya jadi pengen.
ikutan sharing..
1. rata2 mekanik si bilang paling bagus ya yg dari merek pabrikan mobil kita tentunya, tp ga tau jg deh, saya sendiri beda2.. terakhir kali mekanik bengkel langganan bilang ga perlu itu.. pake merk "atas satu" udh cukup and so far fine2 aja
2. ongkos jasa kuras oli matic yg pake "mesin"nya itu antara 100-150rb-an, plus 7-8 liter -CMIIW- oli nya (biaya tentunya tergantung merek yg digunakan)
3. Domisilinya dimana om? ..kalo di Jkt, seputaran radal ada beberapa bengkel yg cukup dikenal, saya terakhir di daerah kebayoran lama..deket bengkel langganan.

Re: Oli Matic

Posted: Thu Dec 30, 2010 3:19 pm
by Haris Reski
realidhed wrote:Hallo Oom Haris, salam kenal yaa..
Sesama pemakai metik kita.. ;-)

Sedikit share, :
GC newbie, perdana jalan jkt-bdg weekend kemarin. Alhamdulillah gakda masalah berarti! :-)
Di jalan yg panjang dan paling nanjak sedikiiit bgt, kickdown pada posisi tuas d4, rpm bertahan konstan di 3000-3200, dan top speed hanya 110-115km/h. Penumpang 4 orang..
Nafas mesin sepertinya masih ada, mungkin transmisi matiknya GC newbie enggak bisa mentransmisikan torsi mesin lebih banyak lagi ke roda. Gak berani kickdown lebih lama lagi karena kondisi radiator belum dikuasai dan engine temp. udah manteng di skala 1/2.
Newbie juga belum kuras oli metik, karena belum dapet bengkel referensi daerah jaksel.. :-(
Beberapa postingan senior (Oom Fieldz dan Oom Paulus) menyatakan bahwa kuras/maintenance saluran oli metik bisa menjaga performa transmisi metik.

Ikut tunggu wangsit dari para senior disini, supaya bisa optimalkan performa GC metik newbie.

Salam,
Salam kenal juga om.
Saya pernah bawa GC saya ini ke bdg bahkan naik ke tangkubanprahu nya sekalian masih kuat om, emang agak berat sih pas naik ke kawahnya tapi so far GC saya kondisinya masih lumayan kalo diajak naik2 ke puncak gunung tinggi2 sekali hehehe :)) ....

Re: Oli Matic

Posted: Thu Dec 30, 2010 3:27 pm
by Haris Reski
pauluspaska wrote:Welcome Om,
Selamat datang pemakai matic!
saya biasa kuras di Sinar Kalimantan Pecenongan Jakarta Pusat.
Pakai oli STP sahaja, sebab saya suka kuras jadi sayang uangnya, yang penting Dextron III
Top speed yang berani digenjot cuma 140 km/j walau masih bisa lagi.
konsumsi BBM 1:10 dalkot
luar kota lebih lagi
btw saya sudah ganti matic yang ex-singapore, yang pertama jebol karena sering dipake buat sprint.

[Post made via Mobile Device] Image

Biasa abis berapa buat ongkos kuras plus olinya om?? saya mau siapin budgetnya nih...
Saya pernah baca kalo kuras oli matic itu yang bagus dengan metode ditambah oli baru sambil buang oli lama sampai oli yang keluar itu bening (oli lama seluruhnya terganti dengan oli baru) bukan dengan mesin penyedot (ATF charger), nah yang di Sinar Kalimantan tempat om itu seperti apa kurasnya??
Makasih sebelumnya...

Re: Oli Matic

Posted: Thu Dec 30, 2010 3:31 pm
by Haris Reski
Fieldz wrote: ikutan sharing..
1. rata2 mekanik si bilang paling bagus ya yg dari merek pabrikan mobil kita tentunya, tp ga tau jg deh, saya sendiri beda2.. terakhir kali mekanik bengkel langganan bilang ga perlu itu.. pake merk "atas satu" udh cukup and so far fine2 aja
2. ongkos jasa kuras oli matic yg pake "mesin"nya itu antara 100-150rb-an, plus 7-8 liter -CMIIW- oli nya (biaya tentunya tergantung merek yg digunakan)
3. Domisilinya dimana om? ..kalo di Jkt, seputaran radal ada beberapa bengkel yg cukup dikenal, saya terakhir di daerah kebayoran lama..deket bengkel langganan.

Oohh begitu om..
Saya domisili ada di tomang jakarta barat...
Kalo bengkel yang om pake itu namanya apa?? servisnya gmn?? recommended gak??
Makasih sebelumnya..

Re: Oli Matic

Posted: Mon Jan 03, 2011 12:04 pm
by pauluspaska
Haris Reski wrote:
Biasa abis berapa buat ongkos kuras plus olinya om?? saya mau siapin budgetnya nih...
Saya pernah baca kalo kuras oli matic itu yang bagus dengan metode ditambah oli baru sambil buang oli lama sampai oli yang keluar itu bening (oli lama seluruhnya terganti dengan oli baru) bukan dengan mesin penyedot (ATF charger), nah yang di Sinar Kalimantan tempat om itu seperti apa kurasnya??
Makasih sebelumnya...
Ongkos jasa, kalau bawa oli sendiri Rp. 150K kalau dari bengkelnya jadi Rp. 100K, mereka pakai shell yang 1 liternya rp. 60K
wah yang ATF charger saya belum pernah lihat yang kayak gimana, yang biasa di bengkel saya, oli baru dimasukin, pada saat yang sama oli lama dikeluarkan sampai oli yang keluar bening. Mesin sambil dinyalain. Biasanya setelah kuras, mobil jadi enteng, diajak sprint nurut.

Kalau STP kira-kira Rp. 37K
Oli butuh 7 liter kuras habis.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Oli Matic

Posted: Wed Jan 05, 2011 12:08 pm
by kokoktama
matic ku dah keberatan naik ke gunung kidul yogyakarta...pake d4 penumpang 4 orang dah ga ngangkat..minimal pake d3..seringnya pake 2 dan klo nanjaknya kelamaan engine temp langsung naik 3/4....kenapa ya?