makany pengen sya cek menggunakan dengan mengganti radiator coolant..jd bs terdeteksi dari warna air ya pakde..semisal air yg keluar brwarna hijau dr knalpot brarti benar ada kbcoran..tp klo sya pnasi tiap hari air gk keluar dr kenalpot..pernah sya pnasi 1minggu sekali,tuh knalpot keluar air derres nettes pda start awal..n bunyi di knalpot spt ada endapan air..spertiny menampung air di knalpot..tp setelah panas berangsur ilang netesny..kta temen2 sih bgus jika mobil dipanasi keluar air dr knalpot..cm punya sya gk wajar..keluar disaat start awal,bnyak netesnyPa'de Gung wrote:Coba amati air di knalpotnya om...
Kalo sampai mesin air di knalpot madih ada, mingkin ada bocor di head gasket.
Cek juga di seluruh jalur selang air dan radiator, biasanya ada rembes kecil yg hanya bocor saat mesin panas.
Jadi selalu ada bekas seperti kapur putih (ato warna coolant) di titik bocor itu.
Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
-
- GC Noob
- Posts: 191
- Joined: Thu Nov 21, 2013 8:20 pm
- Location: situbondo
- Contact:
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
- adhy_momere
- GC Noob
- Posts: 76
- Joined: Sat May 16, 2015 1:58 am
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
trus pak de, utk pasang kembali tinggal ditusuk kmbali gitu ae ya pak de? itu ujungnya yg 1 kan terhubung ke rmh thermo, trus yg 1 lg ke mn tu pak de?Pa'de Gung wrote:Cukup lepas rumah thermostatnya itu om, lepas dua baut 10" yg di sisi belakang. Setelah itu tinggal tarik rumah thermo itu berikut pipanya.
Seperti terlihat di gambar.
ada satu pertnyaan lg ni, manipol gk perlu dibuka ya pak de? mksih ats pencerahannya.
SALAM HORMAT dari MOMERE (NTT)
CP : 082359096555 / BB. 28D3CBEE.
CP : 082359096555 / BB. 28D3CBEE.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Betul om, cara pasangnya memang cuma ditusuk saja..., kalo pipa masih bagus..ada seal O ring dikedua ujung pipa.
Yg perlu diperhatikan saat memasang pipa ini adalah kondisi seal O ring itu dan lubang tempat masuk pipa itu.
Lubang yg di thermo house gampang dilihat, lubang satunya di water pump agak susah dilihat, karena terhalang intake. Selain itu posisi masuk pipa harus benar..karena ada nok (kek kupingan di pipa).
Jadi kalo ragu²..bisa lepas intake...supaya pemasangan lebih mudah.
Yg perlu diperhatikan saat memasang pipa ini adalah kondisi seal O ring itu dan lubang tempat masuk pipa itu.
Lubang yg di thermo house gampang dilihat, lubang satunya di water pump agak susah dilihat, karena terhalang intake. Selain itu posisi masuk pipa harus benar..karena ada nok (kek kupingan di pipa).
Jadi kalo ragu²..bisa lepas intake...supaya pemasangan lebih mudah.
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Radiator mobil saya ada bekas coolant di bawar tutup radiator. Sudah ganti baru tutup radiator dgn yang baru masalah belum teratasi. Apakah berarti ada masalah dengan jalur sirkulasi coolant? Yang biasanya working pressurenya tidak sampai 0.9 bar sekarang melebihi 0.9 sehingga keluar lewat tutup radiator. Kenapa tumpahnya tidak ke reservoir ya?
H7979DH Class 90's
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Mungkin masalah dg mulut lubang radiator om, permukaan tidak rata, ato tempat kancing tinggi sebelah sehingga tutup terpasang miring.
Kalo masalah presure, asal ga bocor air pasti masuk ke reservoir, bukan keluar lewat tutup.
Kalo masalah presure, asal ga bocor air pasti masuk ke reservoir, bukan keluar lewat tutup.
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Jadi harus duganti ya mulut lubang radiatornya.
H7979DH Class 90's
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Pakde kalau ngecek waterpump tu bener ga pas kondisi mesin dingin, dinyalakan, buka tutup radiator, begitu sirkulasi air jalan, kalau muncrat2 berarti ada radiator tersumbat. Nah kalau sudah radiator dibersihkan masih muncrat2 keluar leher tutup radiator, berarti bilah waterpump jalannya dah gak konstan ya pakde?
B J O
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Coba cek dulu aja om..., kalo bener miring ato kuran pres mungkin kuping kancing di tutupnya bisa ditekuk dikit.zastraw wrote:Jadi harus duganti ya mulut lubang radiatornya.
Bagian atas radiator sudah diganti kuningan ya om?
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Bisa begitu om, kalo radiator buntu air diatas lambat turunnya..., kalo aliran deras bisa meluber.arozi wrote:Pakde kalau ngecek waterpump tu bener ga pas kondisi mesin dingin, dinyalakan, buka tutup radiator, begitu sirkulasi air jalan, kalau muncrat2 berarti ada radiator tersumbat. Nah kalau sudah radiator dibersihkan masih muncrat2 keluar leher tutup radiator, berarti bilah waterpump jalannya dah gak konstan ya pakde?
Tapi itu hanya berlaku jika thermostat tidak terpasang. Kalo masih ada thermostat, saat dingin selang bawah masih tertutup..., tidak ada sirkulasi air.
Kalo sudah dibersihkan masih muncrat, mungkin ada faktor lain om. Kalo bilah water pump ga konstan sepertinya engga om, waterpump honda diputar dg timing belt, jadi pasti konstan. Kecuali bilah ada yg patah, tekanan air jadi ga konstan.
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Sudah pakdhe. Radiator matic harganya berapa ya? Pengen ganti baru kalo pas ada rejeki. Tapi selalu ada bagian yang lebih urgent diganti. Jadi belum rejeki gangi radiator.Pa'de Gung wrote: Coba cek dulu aja om..., kalo bener miring ato kuran pres mungkin kuping kancing di tutupnya bisa ditekuk dikit.
Bagian atas radiator sudah diganti kuningan ya om?
H7979DH Class 90's