pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
Assalamaualaikum Wr. Wb. salam berbagi om" semua,.
sedikit berbagi pengalaman dan keinginan untuk pasang DC di mesin STD. pada awal beli DC itu dari om lucky sangat murah .. (mksh om) mungkin om lucky pada saat itu kondisi mesin sudah berpower besar. alhasil DC utk settingan mesin STD tidak mumpuni.. pada awal di bongkar ke tukang service karbu. 4x bongkar pasang ganti pilot jet dan main jet tp blm ketemu terus( krn blm ngerti cara kerjanya dan bongkarnya).! sempet tanya sama Opa (Ade Indra) om ade menyaranin ke supernova.. tapi krn kondisi saya di bandung. dan sudah ingin pasang DC dng iming" kata Opa(Ade) kl sudah ketemu settingannya pasti irit ,...sudah 4x bongkar sama tukang service karbu hasilnya sudah jarak 10 kilo pasti busi mati dan hasilnya brebet..dan uang pun selalu melayang tiap setting karbu cukup besar biayanya,. mulai deh memberanikan diri sedikit pengalaman dari suka buka karbu motor ,. tp mungkin mobil lbh rumit dr motor ya ...
berikut hasil setingan awal dari pembelian karbu dari om lucky,..
1. awal dualcab
pilot jet = 55. main jet 175.. ( tenaga dasyat. mesin brat bret bort. jarak 10 kilo = busi mati (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara )
2. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 55. main jet 165.. ( tenaga dasyat. mesin msh brebet. jarak 15 kilo = busi mati (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara )
3. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 55. main jet 150 .. ( tenaga msh punya power. AC normal. langsang Normal. jarak 2 jam kira" mobil mati alhasil ganti busi lagi (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara...)
4. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 40.. main jet 150.. ( tenaga msh berpower. ac normal. langsam Normal. kondisi jalan saat itu berjarak 25 kilo + kena macet siang hari brebet lagi = busi KOID lagi om (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara ..) jengkelllLLL... (curhat)
sedikit pusing sama tukang service krn setiap service harus ngeluarin uang cukup banyak, hrs beli busi mulu akhirnya memberanikan bongkar sendiri.. karena dah 4x liat bongkar di contek dikit ( curi" Ilmu) dan sedikit pengalaman waktu dulu suka bongkar motor.. dan eza hanya setting main jet nya aja (Spuyer) aja.. karena pilot jet waktu sudah dipasang leh tukang karbunya........!
hasil settingan sendiri
Estimasi biaya setting sendiri
Sepuyer di bandung spuyer (main jet harganya 5000 rupiah tinggal x 2 ya om setiap setting) spuyer dualcab ada 2 soalnya. ...
1. pilot jet 40. main jet langsung pake 125 dari 150. putaran angin 4:4 masing"nya,. hasilnya ( mesin sudah mulai stabil langsamnya, busi sudah mulai kering tp msh hitam. AC normal. coba pakai filter hasilnya msh brebet lagi.
2. pilot jet 40. main jet 120. putaran angin 3:3 masing"nya,. hasilnya. AC normal. langsam Normal. filter sudah bisa di pakai. tenaga msh bisa di bentak di gigi 1 sampe seterusnya. tp 1 hari kemudian busi basah kembali, dan pembakaran dari lubang knalpot mkh pekat hitam dan menyengat,.
3. pilot jet 40, main jet 115 putaran angin 3:3 masing"nya,. hasilnya. Ac normal. langsam normal. filter di pakai, mesin msh bisa di bentak.tapi 5 jam kemudian kembali brebet harus berenti dulu dan tahan gas di rpm 3000 smp busi kerasa kering lagi di dengerinnya gak ada brat bret brot dr lubang knalpotnya..
4. pilot jet 40, main jet 110 putaran angin 2:2 masing"nya,. hasilnya langsam normal. mesin langsam sudah spt STD kedengerannya. busi msh sedikit hitam pekat. AC normal. filter udara bisa di pakai. konsumsi bensin sudah agak irit di bandingkan sebelumnya dan sesudah setting sendiri. busi sudah mulai kering. tapi karena opa pernah bilang( za kalau settingan sudah pas bgt dualcab bisa enak di pakai dan irit loh.) bongkar kembali..... (krn pingin irit)..
5. pilot jet 40, main jet 105 putaran angin kembali 2:2 masing" karbunya.. hasil ( mesin bisa di bentak. AC normal. Langsam Normal. Filter bisa di pakai. tp setiap injek gas langsung msh keluar asap hitam pekat sesekali.. coba lagi turun deh spuyernya..
6. pilot jet 40, main jetnya 100. putaran angin kembali di stel 2:2. hasilnya tenaga pas. bensin irit. AC normal. Filter Udara di pakai. coba injek gas dari tol pasteur td pagi jam 7 tembus 170 di odometer eh sudah keburu masuk tol baros.. pingginya sih terusin tp mau kerja ke cimahi... xixixixixi (sukses deh) allhamdulillah..
ada sedikit cara bongkarnya Om" sekalian tp maap blm tau apa nama"nya yg di bongkar,. dan jng di bongkar dari manifuel karetnya om, karena rentan sobek sepertinya..
tahap 1
tahap 2
tahap 3
tahap 4
tahap 5
tahap 6
tahap 7
tahap 8
tahap 9
tahap 10
tahap 11
tahap 12
tahap 13
tahap 14
tahap 15
tahap 16
tahap 17 ( buka menggunakan obenk minus, maap petunjuknya obenk +
tahap 18
tahap 19
pic di bawah jng sekali" di coba karena rentang sobek kalau main tarik
maap om" bila ada kekurangan soal keterangan krn saya msh Newbie om ,.. semoga bermanfaat om" semuanya..
sedikit berbagi pengalaman dan keinginan untuk pasang DC di mesin STD. pada awal beli DC itu dari om lucky sangat murah .. (mksh om) mungkin om lucky pada saat itu kondisi mesin sudah berpower besar. alhasil DC utk settingan mesin STD tidak mumpuni.. pada awal di bongkar ke tukang service karbu. 4x bongkar pasang ganti pilot jet dan main jet tp blm ketemu terus( krn blm ngerti cara kerjanya dan bongkarnya).! sempet tanya sama Opa (Ade Indra) om ade menyaranin ke supernova.. tapi krn kondisi saya di bandung. dan sudah ingin pasang DC dng iming" kata Opa(Ade) kl sudah ketemu settingannya pasti irit ,...sudah 4x bongkar sama tukang service karbu hasilnya sudah jarak 10 kilo pasti busi mati dan hasilnya brebet..dan uang pun selalu melayang tiap setting karbu cukup besar biayanya,. mulai deh memberanikan diri sedikit pengalaman dari suka buka karbu motor ,. tp mungkin mobil lbh rumit dr motor ya ...
berikut hasil setingan awal dari pembelian karbu dari om lucky,..
1. awal dualcab
pilot jet = 55. main jet 175.. ( tenaga dasyat. mesin brat bret bort. jarak 10 kilo = busi mati (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara )
2. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 55. main jet 165.. ( tenaga dasyat. mesin msh brebet. jarak 15 kilo = busi mati (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara )
3. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 55. main jet 150 .. ( tenaga msh punya power. AC normal. langsang Normal. jarak 2 jam kira" mobil mati alhasil ganti busi lagi (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara...)
4. setting ulang lagi msh sama tukang service tukang karbu
pilot jet = 40.. main jet 150.. ( tenaga msh berpower. ac normal. langsam Normal. kondisi jalan saat itu berjarak 25 kilo + kena macet siang hari brebet lagi = busi KOID lagi om (basah Hitam di busi) -tidak bisa peke filter saringan udara ..) jengkelllLLL... (curhat)
sedikit pusing sama tukang service krn setiap service harus ngeluarin uang cukup banyak, hrs beli busi mulu akhirnya memberanikan bongkar sendiri.. karena dah 4x liat bongkar di contek dikit ( curi" Ilmu) dan sedikit pengalaman waktu dulu suka bongkar motor.. dan eza hanya setting main jet nya aja (Spuyer) aja.. karena pilot jet waktu sudah dipasang leh tukang karbunya........!
hasil settingan sendiri
Estimasi biaya setting sendiri
Sepuyer di bandung spuyer (main jet harganya 5000 rupiah tinggal x 2 ya om setiap setting) spuyer dualcab ada 2 soalnya. ...
1. pilot jet 40. main jet langsung pake 125 dari 150. putaran angin 4:4 masing"nya,. hasilnya ( mesin sudah mulai stabil langsamnya, busi sudah mulai kering tp msh hitam. AC normal. coba pakai filter hasilnya msh brebet lagi.
2. pilot jet 40. main jet 120. putaran angin 3:3 masing"nya,. hasilnya. AC normal. langsam Normal. filter sudah bisa di pakai. tenaga msh bisa di bentak di gigi 1 sampe seterusnya. tp 1 hari kemudian busi basah kembali, dan pembakaran dari lubang knalpot mkh pekat hitam dan menyengat,.
3. pilot jet 40, main jet 115 putaran angin 3:3 masing"nya,. hasilnya. Ac normal. langsam normal. filter di pakai, mesin msh bisa di bentak.tapi 5 jam kemudian kembali brebet harus berenti dulu dan tahan gas di rpm 3000 smp busi kerasa kering lagi di dengerinnya gak ada brat bret brot dr lubang knalpotnya..
4. pilot jet 40, main jet 110 putaran angin 2:2 masing"nya,. hasilnya langsam normal. mesin langsam sudah spt STD kedengerannya. busi msh sedikit hitam pekat. AC normal. filter udara bisa di pakai. konsumsi bensin sudah agak irit di bandingkan sebelumnya dan sesudah setting sendiri. busi sudah mulai kering. tapi karena opa pernah bilang( za kalau settingan sudah pas bgt dualcab bisa enak di pakai dan irit loh.) bongkar kembali..... (krn pingin irit)..
5. pilot jet 40, main jet 105 putaran angin kembali 2:2 masing" karbunya.. hasil ( mesin bisa di bentak. AC normal. Langsam Normal. Filter bisa di pakai. tp setiap injek gas langsung msh keluar asap hitam pekat sesekali.. coba lagi turun deh spuyernya..
6. pilot jet 40, main jetnya 100. putaran angin kembali di stel 2:2. hasilnya tenaga pas. bensin irit. AC normal. Filter Udara di pakai. coba injek gas dari tol pasteur td pagi jam 7 tembus 170 di odometer eh sudah keburu masuk tol baros.. pingginya sih terusin tp mau kerja ke cimahi... xixixixixi (sukses deh) allhamdulillah..
ada sedikit cara bongkarnya Om" sekalian tp maap blm tau apa nama"nya yg di bongkar,. dan jng di bongkar dari manifuel karetnya om, karena rentan sobek sepertinya..
tahap 1
tahap 2
tahap 3
tahap 4
tahap 5
tahap 6
tahap 7
tahap 8
tahap 9
tahap 10
tahap 11
tahap 12
tahap 13
tahap 14
tahap 15
tahap 16
tahap 17 ( buka menggunakan obenk minus, maap petunjuknya obenk +
tahap 18
tahap 19
pic di bawah jng sekali" di coba karena rentang sobek kalau main tarik
maap om" bila ada kekurangan soal keterangan krn saya msh Newbie om ,.. semoga bermanfaat om" semuanya..
Last edited by rezayolando on Fri Jun 01, 2012 9:19 pm, edited 3 times in total.
--- AERO SH 4 ' 89 ---
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR ........ ( apalagi pasang turbo whistler , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
Max LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
Om pasang turbo whistlernya Om? estimasi biaya berapa om? pemasangannya gampang gak?max1704 wrote:Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR ........ ( apalagi pasang turbo whistler , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
--- AERO SH 4 ' 89 ---
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
Harga cuma 175 ribu om , pasang di knalpot , gampang banget kok ,xixixixixi.....rezayolando25 wrote:Om pasang turbo whistlernya Om? estimasi biaya berapa om? pemasangannya gampang gak?max1704 wrote:Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR ........ ( apalagi pasang turbo whistler , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
ini link nya
http://www.indoforum.org/t361171/
Max LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
om reza terima setting dong yaa..
ntar saya beli buat disetel ama om reza yaa, hahahahha
ntar saya beli buat disetel ama om reza yaa, hahahahha
oldskool japanese warrior
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
Alhamdulilah
Bener2 pencerahan yang mantaaab banget deh dari om reza
Makasih banyak om.. Semoga bisa menjadi acuan bagi temen2 yang pake DC dan suka otak atik sendiri.
Jujur sedih oi, saat eza nanya ke saya isi DC saya dan saya engga bisa jawab karena biasa terima beres aje dari yono karbu.
Sekali lagi: manteeeb om (two thums up)
Bener2 pencerahan yang mantaaab banget deh dari om reza
Makasih banyak om.. Semoga bisa menjadi acuan bagi temen2 yang pake DC dan suka otak atik sendiri.
Jujur sedih oi, saat eza nanya ke saya isi DC saya dan saya engga bisa jawab karena biasa terima beres aje dari yono karbu.
Sekali lagi: manteeeb om (two thums up)
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
oh iya.. mungkin temen2 yang lain yang pake DC juga apal berapa ukuran pilot jet dan main jetnya bisa dishare disini?
settingan om luki itu gede karena pake head vtec kali ya..
eh nanya lagi, kalo beli tuh spuyer bilangnya spuyer buat karbu apa? katanya sama ama kijang ya?
mungkin bisa ditambah lagi modifnya tuh dc dengan yang dilakuin diki
viewtopic.php?f=12&t=4107&p=125887&hili ... rb#p125887
viewtopic.php?f=11&t=136&hilit=dual+carb&start=180
settingan om luki itu gede karena pake head vtec kali ya..
eh nanya lagi, kalo beli tuh spuyer bilangnya spuyer buat karbu apa? katanya sama ama kijang ya?
mungkin bisa ditambah lagi modifnya tuh dc dengan yang dilakuin diki
viewtopic.php?f=12&t=4107&p=125887&hili ... rb#p125887
viewtopic.php?f=11&t=136&hilit=dual+carb&start=180
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
MantabbbbbbbH....
Dhimas Palgunadi
Pin. 21D95B2C | +62 812 85 888 333 | +62 85 8888 78900 | dpalgunadi@sharpmapping.com |
http://www.sharpmapping.com | Geodetic GPS and Mapping Solutions |
Pin. 21D95B2C | +62 812 85 888 333 | +62 85 8888 78900 | dpalgunadi@sharpmapping.com |
http://www.sharpmapping.com | Geodetic GPS and Mapping Solutions |
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
max1704 wrote:Harga cuma 175 ribu om , pasang di knalpot , gampang banget kok ,xixixixixi.....rezayolando25 wrote:Om pasang turbo whistlernya Om? estimasi biaya berapa om? pemasangannya gampang gak?max1704 wrote:Mantap om reza , memang kalo dapat settingan yang pas , akan terasa enak pula , dan lumayan DC saya kemarin di test jarak 300 KM ( Samarinda - Balikpapan PP + Dalkot ) menghabiskan bensin 22,22 Liter (100 ribu) , artinya FC lukot nya 1 : 15 , hampir sama dengan single carb , tapi tenaga lebih JEEEGGEEEERRRR ........ ( apalagi pasang turbo whistler , kayak pake turbo beneran.....xixixixixi )
keren om mksh infonya,..
ini link nya
http://www.indoforum.org/t361171/
--- AERO SH 4 ' 89 ---
- rezayolando
- GC Whore
- Posts: 3470
- Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
- Location: Bandung
- Contact:
Re: pasang dualcab agar setting pilot jet & main jet pas
hihihihi ada master mau setting ke newbie,. ngeri ampun om jarno,..*jarno* wrote:om reza terima setting dong yaa..
ntar saya beli buat disetel ama om reza yaa, hahahahha
--- AERO SH 4 ' 89 ---